Pembalasan Manis Newcastle United dengan Singkirkan Juara Bertahan Manchester United
Pemain Newcastle United Joseph Willock merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Manchester United di laga Carabao Cup. (Twitter @NUFC)

Bagikan:

JAKARTA - Pembalasan manis Newcastle United saat menyingkirkan Manchester United di babak keempat Carabao Cup. Balas dendam Newcastle yang meyakinkan karena dilakukan di kandang MU di Stadion Old Trafford, Kamis, 2 November dini hari WIB. Mereka menang telak 3-0 atas juara bertahan dan lolos ke perempat final.

Pada final Carabao Cup musim lalu, Newcastle dipaksa menyerah 2-0. Bagi MU sukses itu mengakhiri dahaga trofi. Tak hanya itu, MU disebut-sebut telah menunjukkan kebangkitan.

Namun yang terjadi malah kebalikannya. MU hanya mampu merebut Carabao Cup yang merupakan turnamen kasta ketiga setelag Premier League Inggris dan Piala FA. Kontras dengan rival satu kota, Manchester City, memborong semua trofi dan meraih treble.

Di laga melawan Newcastle sesungguhnya diharapkan menjadi momen kebangkitan MU. Pasalnya MU baru saja menelan kekalahan 3-0 dari Man City di Manchester Derby. Selain itu, MU ingin mempertahankan gelar juara di Carabao Cup.

Namun lagi-lagi MU harus gigit jari dan kembali dipermalukan. Bagaimana tidak, MU kalah lagi dengan skor sama saat menjamu The Magpies. Kegagalan yang menyakitkan karena MU harus tersingkir di kandang sendiri di Old Trafford.

Dalam duel itu, manajer Erik ten Hag tidak sepenuhnya merombak skuat karena ingin meraih kemenangan.

Para pemain pilar tetap menjadi pilihan pertama, termasuk gelandang veteran Casemiro. Meski performanya mengalami penurunan dibandingkan musim lalu, namun Casemiro masih menjadi andalan Ten Hag di lini tengah.

Di depan, Rasmus Hojlund yang belum pernah mencetak gol sejak direkrut dari Atalanta duduk di bench. Posisinya digantikan Anthony Martial. Namun Hojlund kemudian dimasukkan di babak kedua.

Hanya saja, baik itu Martial maupun Hojlund tidak ada yang memenuhi ekspetasi. Keduanya tak bisa mencetak gol bagi The Red Devils.

Sebaliknya, Newcastle yang justru menguasai permainan. Meski tak sepenuhnya unggul dalam penguasaan bola, namun Newcastle mampu mendominasi dan berhasil unggul lewat Miguel Almiron di menit 28.

Dirinya memanfaatkan assist Valentino Livramento dengan baik untuk menaklukkan kiper Andre Onana.

Unggul 1-0 di kandang lawan membuat Newcastle kian agresif. Mereka menekan pertahanan lawan yang moral bertandingnya sudah jatuh.

Hasilnya, bek Lewis Hall ikut menyumbang gol bagi The Toon Army di menit 36. Skor berubah 2-0 untuk Newcastle dan bertahan sampai akhir babak pertama.

Di babak kedua, MU mencoba bangkit mengejar ketinggalan. Namun usaha mereka tak pernah membuahkan hasil karena pertahanan solid Newcastle.

Sebaliknya, tim strip hitam putih malah memperbesar keunggulan yang mengakibatkan MU kian terpuruk.

Gol ketiga tim tamu dihasilkan Joseph Willock di menit 60. Dirinya menyambut assist Joelinton dan mengubah skor menjadi 3-0. Skor itu bertahan sampai akhir laga.

Kemenangan itu menjadikan Newcastle kian diperhitungkan di Carabao Cup. Pasalnya mereka menyingkirkan duo Manchester. Di babak sebelumnya, Newcastle menyingkirkan Man City dan kini MU menjadi korban berikutnya.