Tren Gonta-Ganti Pelatih Borneo FC Berlanjut, Kali Ini Tunjuk Eks Pelatih Timnas Indonesia
Pelatih baru Borneo FC, Pieter Huistra. (Foto: Instagram/@pieterhuistra)

Bagikan:

JAKARTA – Borneo FC resmi menunjuk nama Pieter Huistra sebagai pelatih baru mereka. Juru taktik 56 tahun ini dipercaya menukangi tim di sisa musim kompetisi Liga 1 Indonesia 2022/2023.

Nama mantan pelatih Timnas nasional Indonesia itu diumumkan Borneo melalui situs resmi mereka pada Selasa, 21 Februari 2023. Ia menduduki posisi pelatih menggantikan Andre Gaspar.

"Dengan mengucap Bismillah, kami mendaratkan Pieter Huistra di Kota Tepian untuk mengangkat performa tim," ucap Presiden Borneo FC Nabil Husien Said Amin seperti dikutip dari situs resmi klub.

Pieter adalah mantan pelatih klub asal Belanda FC Groningen. Pada musim 2021/2022 dirinya sukses membawa klub asal Uzbekistan, Pakhtakor, juara liga dan bermain di Liga Champions Asia.

Namun, sebelum menangani kedua tim itu, Pieter tercatat pernah menjadi direktur teknik PSSI dan pelatih timnas Indonesia. Posisi pertama didapatnya pada tahun 2014 silam.

Hanya jabatan itu tidak lama ia pengang karena ia langsung ditunjuk menjadi caretaker pelatih menggantikan mendiang Benny Dolo yang dipecat. Sialnya ia belum debut dengan timnas ketika PSSI dibekukan oleh FIFA pada 2015 silam.

"Dia cukup paham dengan sepak bola Indonesia, semoga dia sukses bersama klub ini. Sekali lagi selamat bergabung," kata Husien.

Pieter adalah pelatih ketiga yang menukangi Borneo FC musim ini. Sebelum dia dan Gaspar, tim asal Kalimantan itu terlebih dahulu ditukangi Milomir Seslija.

Selain itu, Pieter menjadi pelatih kesembilan sejak era Liga 1 dimulai pada tahun 2017 silam. Enam nama sebelum itu adalah Dragan Djukanovic, Iwan Setiawan, Dejan Antonic, Mario Gomez, Risto Vidakovic, dan Fakhri Husaini.

Borneo bukan satu-satunya tim yang mengganti pelatih mereka pada paruh kedua musim. Sebelum ada Arema FC yang menunjuk I Putu Gede sebagai suksesor pelatih Chile Javier Roca.

Tim lain yang ikut menunjuk nama pelatih baru adalah Barito Putra. Skuat berjuluk Laskar Antasari itu memboyong Rahmad Darmawan untuk mengisi posisi yang ditinggalkan oleh Rodney Goncalves.