Profil dan Biodata Nadeo Argawinata, Penjaga Gawang Bali United yang Diandalkan Timnas Indonesia
Penjaga gawang Timnas Indonesia Nadeo Argawinata. (Foto via ANTARA/Michael Siahaan)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Profil dan biodata Nadeo Argawinata menarik perhatian masyarakat Indonesia karena kemampuannya menjaga gawang tim yang dibelanya. Ia juga ikut berperan membawa timnas Indonesia ke Piala AFF 2022. Sebelumnya ia juga disorot berkat penampilannya yang ciamik saat berlaga di Piala AFF 2021 di Singapura. Berikut informasi terkait Nadeo Argawinata.

Profil dan Biodata Nadeo Argawinata

Nadeo Argawinata adalah kiper Bali United yang lahir pada 28 juli 1997 di Kediri, Jawa Timur. Kegemarannya dengan sepak bola tumbuh sejak kecil. Ia bahkan sempat mengikuti Sekolah Sepak Bola (SSB) Macan Putih di Kota Kediri.

Saat mengenyam pendidikan di SMA 8 Kediri, Nadeo Argawinata bergabung ke dalam klub sepak bola Kota Kediri dan menjadi salah satu pemain andalan klub tersebut. Pada tahun 2014 ia dan klubnya ikut kompetisi di Porprov Banyuwangi. Penampilan di kompetisi tingkat Jatim itu membuat Nadeo Argawinata banyak disorot oleh penggemar.

Nadeo Argawinata kemudian dipanggil oleh pelatih Fachri Husaini untuk membela Timnas Indonesia U-19 yang kala itu sedang mempersiapkan diri untuk tampil di ajang piala AFF U-19 di Viantiane, Laos.

Kariernya di sepak bola terus berlanjut ke Borneo FC pada tahun 2016. Di tim tersebut Argawinata membela klubnya di ajang Indonesia Soccer Championship A 2016. Ia membela klub Pesut Etam itu sampai tahun 2020.

Selama berseragam Borneo FC, yakni musim 2017 sampai 2019, Nadeo Argawinata tampil sebanyak 43 kali di kancah Liga 1. Di klub tersebut kemampuan Argawinata makin meningkat di bawah pengawasan Luizinho Passos, pelatih kiper Borneo FC asal Brasil.

Setelah membela Borneo FC cukup lama, Argawinata memutuskan bergabung dengan klub beken asal Pulau Dewata, Bali United. Bersama klub tersebut ia tampil di ajang BRI Liga 1 2021/2022. Selama tampil di liga tersebut sebagai penjaga gawang Bali United, Argawinata tercatat mengoleksi 10 clean sheet.

Nadeo Argawinata juga sempat dipanggil oleh Indra Sjafri saat menjadi pelatih timnas U-23. Ia dipercaya menjaga mistar gawang saat timnas maju di SEA GAMES 2019 di Filipina. Meski timnas harus puas mendapat medali perak karena menelan kekalahan dari Vietnam di babak final dengan skor 0-3, penampilan Nadeo Argawinata justru makin disorot.

Permainan Nadeo mendapat kesan baik sejak dua laga penyisihan grup melawan Thailand dan Singapura. Dari menit awal hingga akhir ia sukses menjaga gawang timnas U-23 Indonesia sepanjang laga. Timnas juga berhasil menang dengan skor 2-0 di kedua pertandingan tersebut.

Tidak hanya menarik perhatian pelatih timnas U-23 kala itu, Nadeo Argawinata juga mendapat sorotan dari Shin Tae-yong. Ia juga dipanggil untuk membela Timnas Indonesia untuk tampil di berbagai kompetisi, salah satunya adalah Piala AFF 2021.

Selain itu Nadeo Argawinata juga sukses mengantarkan timnas Indonesia maju ke semi final Piala AFF 2022 setelah memenangkan timnas Filipina pada Senin, 2 Januari 2023 malam. Kemenangan Indonesia atas Filipina terjadi dalam liga di Stadion Raizal Memorial, Manila dengan skor 2-1.

Adapun biodata Nadeo Argawinata adalah sebagai berikut.

  • Nama: Nadeo Argawinata
  • Tempat, Tanggal Lahir: Kediri, 9 Maret 1997
  • Tinggi Badan: 1,87 M
  • Posisi: Penjaga Gawang
  • Agama: Islam
  • Status: Menikah
  • Nama Istri: Destiara Sari
  • Media Sosial: @nadeowinataa

Itulah informasi terkait profil dan biodata Nadeo Argawinata. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.