Hasil Pemungutan Suara Ulang Wakil Ketum PSSI: Menpora Batal Temani Erick Thohir, Posisinya Direbut Ratu Tisha
Ratu Tisha Destria resmi menjadi Wakil Ketum PSSI periode 2023-2027. (Foto: Instagram/@ratu.tisha)

Bagikan:

JAKARTA – Ratu Tisha Destria resmi terpilih menjadi Wakil Ketua Umum PSSI periode jabatan 2023-2027. Sementara Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali justru gagal.

Dalam pemilihan ulang di Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI 2023 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis, 16 Februari, mantan Sekretaris Jenderal PSSI periode 2017-2020 itu mengumpulkan 54 suara.

Dia unggul satu suara atas Yunus Nusi yang juga terpilih sebagai Wakil Ketum PSSI.

Sementara Menpora gagal karena berselisih 9 suara dengan Yunus Nusi.

"Saya tidak jadi mundur, kan tidak terpilih. Kecewa ya enggalah, kan saya masih Menpora. Kecuali kalau saya mundur (Menpora) dan tidak terpilih ya kan," kata Amali seusai pemungutan suara.

"Saya tetap akan lapor ke Presiden," lanjutnya.

Pemilihan Wakil Ketum PSSI harus dilakukan sebanyak dua kali setelah pada pemilihan pertama diwarnai kericuhan.  Kericuhan itu timbul lantaran ada pemilik hak suara yang merasa dicurangi. Mereka merasa nama-nama yang mereka pilih malah tidak disebutkan pada saat proses penghitungan berlangsung.

Keributan itu membuat peserta kongres sempat mengusulkan untuk mengganti komite pemilihan (KP). Mereka juga mengajukan agar kertas suara yang berisi nama yang dipilih voters harus diperlihatkan ke perserta kongres.

Situasi yang memanas itu kemudian berhasil dikondusifkan kembali oleh ketua umum PSSI sebelumnya Mochamad Iriawan. Setelah itu, perserta kongres pun memutuskan untuk menggelar pemilihan ulang.

Pada pemilihan sebelumnya, Zainudin Amali yang sukses terpilih menjadi wakil ketum bersama Yunus Nusi. Mereka masing-masing memperoleh 66 suara dan mendapat 63 suara.

Sementara Ratu Tisha di posisi ketiga dengan 44 suara.