Drama KLB PSSI: Yunus Nusi Mundur, Menpora Zainudin Amali Jadi Wakil Erick Thohir
Yunus Nusi mundur setelah terpilih jadi Wakil Ketum PSSI 2023-2027. (Foto: PSSI)

Bagikan:

JAKARTA – Drama terjadi pada pemilihan Wakil Ketua Umum PSSI 2023-2027 di Kongres Luar Biasa (KLB) di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis, 16 Februari 2023.

Yunus Nusi yang sejatinya terpilih, mengundurkan diri. Padahal, dalam dua kali pemungutan suara, dia mendapatkan suara yang bisa menempatkannya di Kursi PSSI 2.

Dia terpilih menjadi wakil ketum setelah mengamankan 53 suara pada pemungutan ulang. "Hari ini izinkan saya memohon maaf dan dalam kesempatan ini pula dengan mengucap bismilah.... Saya mengundurkan diri dari Wakil Ketua Umum PSSI pada hasil pemilihan kongres hari ini demi untuk kebersamaan kita bersama, demi masa depan sepak bola hari ini," kata Yunus Nusi.

"Dengan teguh hati saya mengundurkan diri dari wakil ketua umum. Semoga dengan melepas itu kongres menjadi lebih baik," lanjut pria yang sebelumnya menjabat Sekretaris Jenderal PSSI itu. 

Dengan mundurnya Yunus, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali yang memperoleh suara terbanyak ketiga dalam pemungutan suara ulang, otomatis naik menjadi wakil ketua umum. Dia akan menemani Ratu Tisha yang sebelumnya mendapat suara terbanyak.

Keduanya akan mendampingi Menteri BUMN Erick Thohir yang sudah terpilih sebagai Ketum PSSI 2023-2027.

Pengunduran diri Yunus ini melengkapi drama kongres luar biasa (KLB) PSSI 2023 tahun ini. Sebelumnya sempat timbul keributan yang memaksa pemilihan ulang wakil ketua.

Keributan itu karena sebagian voters merasa dicurang. Mereka memprotes lantaran nama yang mereka pilih tidak dibacakan pada saat proses penghitungan suara.