Pesan Presiden Jokowi untuk Menteri BUMN Erick Thohir yang Terpilih Jadi Ketum PSSI 2023-2027: Reformasi Total!
Ketum baru PSSI, Erick Thohir, melayani pertanyaan wartawan seusai terpilih. (Foto: Ulfa Gusti Utami/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir resmi terpilih sebagai Ketua Umum (Ketum) PSSI periode 2023-2027. Dia unggul jauh dari para rivalnya dalam pemungutan suara di Kongres Luar Biasa (KLB) yang berlangsung Kamis, 16 Februari siang WIB.

Erick Thohir didapuk jadi ketum baru PSSI setelah mengantongi 64 suara dari total 86 suara di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat. Sementara pesaing terdekatnya, LaNyalla Mattalitti, hanya mengantongi 22 suara.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap agar Erick Thohir bisa melakukan reformasi total dalam persepakbolaan nasional.

"Kita harapkan dengan ketua yang baru nanti terjadi reformasi total, ini harapan dari kita sehingga persepakbolaan kita menjadi hidup," kata Presiden Jokowi di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Kamis.

Presiden Jokowi juga berharap Menteri BUMN bisa meningkatkan prestasi sepak bola Indonesia setahap demi setahap.

"Bisa paling tidak (di) ASEAN bisa, 'step' pertama bisa kita pegang, dan (di) Asia 'step' yang kedua bisa kita pegang, harapan pemerintah itu saja," ungkap Presiden.

Presiden kembali menegaskan pemerintah tidak ikut campur dalam pemilihan tersebut. Dia menyatakan, pemilihan dilakukan berdasarkan Statuta PSSI dan FIFA.

"Pemerintah tidak ikut ikutan di sana, sesuai dengan statuta," tambah Presiden.

Kongres Luar Biasa PSSI di Hotel Shangri La akan memilih ketua umum, wakil ketua umum, dan anggota komite eksekutif (exco) periode 2023-2027.

Voters terdiri 86 suara yang terdiri dari 18 klub Liga 1, 16 klub Liga 2, 16 klub Liga 3, 34 asosiasi provinsi (asprov), dua asosiasi dan satu federasi futsal Indonesia.