Bagikan:

JAKARTA – Petinju kelas berat Inggris Anthony Joshua (AJ) resmi mengumumkan Derrick James sebagai pelatih barunya menjelang duel melawan Jermaine Franklin pada April nanti.

AJ sebelumnya berpisah dengan Robert Garcia, pelatih yang menggantikan Rob McCracken, tak lama setelah kekalahan kedua berturut-turut dari Oleksandr Usyk pada bulan Agustus lalu.

Petinju asal Watford ini mencari pelatih baru di Amerika sejak kekalahan itu dan sempat bekerja sama dengan James. Pelatih dari Errol Spence dan Jermell Charlo itu pun kemudian dikonfirmasi sebagai pelatihnya saat pengumuman duel lawan Franklin.

"Anthony Joshua (24-3, 22 KO) akan bertarung di The O2, London, untuk pertama kalinya sejak 2016. Ia memulai kehidupan barunya di bawah bimbingan pelatih baru Derrick James," demikian bunyi siaran pers yang dikutip The Sun.

Joshua dan Franklin dijadwalkan naik pada tanggal 1 April terdekat. Pertarungan ini adalah yang pertama yang dijalani oleh Joshua sejak menderita kekalahan beruntun dari Usyk dan ketiga dalam kariernya profesionalnya.

Pengumuman duel dengan Franklin tidak begitu mengejutkan. Pasalnya sebelum itu, kedua petarung ini terlihat bersama dalam beberapa momen di foto-foto yang beredar di media sosial.

"Saya ingin menampilkan yang terbaik dan membuat pelatih saya terkesan karena ia memiliki standar yang tinggi. Franklin memiliki gaya bertanding yang bagus dan sikap yang baik pula yang telah ia tunjukkan dalam beberapa laga terakhir," kata Joshua.

"Secara mental dan fisik saya merasa siap. Saya tak sabar untuk kembali melangkah ke atas ring pada tanggal 1 April nanti," ia menambahkan.

Sementara itu, Franklin yang saat ini berusia 29 tahun, mengatakan bahwa melawan Joshua menjadi kesempatan buat dia untuk mengambil tempatnya di puncak divisi kelas berat.

"Joshua telah menjalani waktunya. Ini adalah waktu saya untuk mengejutkan dunia! Pertarungan ini tidak akan berakhir di tangan juri. Itu bukan lelucon April Mop," ujarnya.