Brasil Pesan Tempat di Piala Dunia U-20 Indonesia, Negara Mana Saja yang Sudah Lolos?
Tim Brasil lolos ke Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia. (Foto: Twitter/@CBF_Futebol/Rafael Ribeiro)

Bagikan:

JAKARTA – Tim Brasil memastikan diri lolos ke Piala Dunia U-20 di Indonesia tahun ini setelah mengalahkan Paraguay di laga ketiga zona Conmebol.

Pasukan asuhan Ramon Menezes itu menang dua gol tanpa balas atas atas tim lawan di Estadio Nemesio Camacho El Campín, Bogota, Kolombia, Selasa, 7 Februari WIB.

Hasil itu membuat Brasil untuk sementara mengoleksi sembilan poin. Mereka unggul selisih gol atas Uruguay yang mengekor di posisi kedua dengan koleksi poin yang sama.

Meski berada di tempat kedua, Uruguay juga sudah memastikan diri lolos ke Indonesia setelah mengalahkan Venezuela dengan skor telak 4-1 di Stadion Metropolitano de Techo.

Masih ada dua tiket lagi dari fase final Conmebol U-20 yang akan diperebutkan. Kolombia termasuk salah satu favorit karena sudah mengoleksi enam poin sejauh ini dan mengisi tempat ketiga.

Penambahan dua tiket itu membuat total sudah ada 14 negara yang menyegel tiket Piala Dunia U-20. Salah satunya termasuk Indonesia yang otomatis lolos karena berstatus tuan rumah.

Eropa menjadi konfederasi yang mendapat jatah tiket paling banyak, yakni lima. Diikuti oleh Concacaf, Conmebol, AFC, dan CAF masing-masing empat tim, sedangkan Oseania hanya dua tim.

Selain Indonesia, 13 tim lain yang sudah pasti berlaga di ajang dua tahunan ini adalah Slovakia, Italia, Israel, Prancis, Inggris, Selandia Baru, Fiji, Amerika Serikat, Honduras, Guatemala, Rep. Dominika, Brasil, dan Uruguay.

Total sepuluh tiket tersisa masih akan diperebutkan. Selain dua tiket sisa dari Conmebol, delapan tiket lain akan diupayakan oleh empat wakil Asia dan empat wakil Afrika.

Tiket untuk dua konfederasi ini akan diperjuangkan pada Maret nanti. Wakil Asia ditentukan dari Piala Asia U-20 2023 dan wakil Afrika dari Piala Afrika U-20 2023.

Piala Dunia U-20 akan berlangsung dari 20 Mei hingga 11 Juni nanti di enam tempat berbeda, yakni Stadion Gelora Bung Karno, Gelora Sriwijaya, I Wayan Dipta, Gelora Bung Tomo, Jalak Harupat, dan Manahan Solo.