Liga 1: Persija Jakarta Kudeta Persib Bandung Lagi, Persebaya Surabaya Mendekati 4 Besar
Persija Jakarta kembali ke puncak klasemen sementara Liga 1. (Foto: Twitter/@Liga1Match)

Bagikan:

JAKARTA - Persija Jakarta kembali merebut posisi puncak klasemen sementara Liga 1 2022/2023 dari Persib Bandung. Itu berkat kemenangan atas RANS Nusantara FC di laga ke-22.

Persija menang dengan skor telak 3-1 atas RANS saat kedua tim bertemu di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat, 3 Februari.

Tambahan tiga poin ini mengantarkan Skuad "Macan Kemayoran" unggul dua poin atas Persib yang kini menempati peringkat kedua dengan 40 poin. Namun, Persib bisa menggeser Persija lagi andai menang pada laga versus PSS, Minggu, 5 Februari, di Bandung.

Persija unggul lebih dulu saat pemain RANS Nusantara FC, Muhammad Hamdan Zamzani, harus melanggar Aji pada menit ke-26. Wasit pun memberikan tendangan penalti untuk Persija yang dieksekusi sempurna oleh Abdulla Yusuf satu menit kemudian.

Skor pembuka tersebut membuat Persija semakin bersemangat sehingga mampu menambah keunggulan menjadi 2-0 berkat gol Ilham Rio pada menit ke-37 yang memanfaatkan "assist" dari Riko Simanjuntak.

RANS Nusantara FC, yang ditangani juru taktik baru Rodrigo Santana, memperkecil kedudukan pada menit akhir babak pertama melalui gol tendangan bebas gelandang asal Jepang Mitsuru Maruoka. Persija unggul 2-1 sebelum turun minum.

Usai jeda, pelatih Persija Thomas Doll memasukkan Michael Krmencik dan Osvaldo Haay dari bangku cadangan untuk menyegarkan lini depan.

Persija pun konsisten menekan dan akhirnya kembali menambah pundi-pundi golnya pada menit ke-72, lagi-lagi melalui titik putih. Namun, kali ini Ondrej Kudela yang menjadi penendangnya.

Adapun penalti diberikan wasit Wawan Rafiko lantaran pemain asing anyar RANS Nusantara Mbombo Lokwa menyentuh bola dengan tangan di kotak terlarang.

Setelah itu, tidak ada gol lain yang tercipta. Persija menang dengan skor 3-1 atas RANS Nusantara dan berhak membawa pulang tiga poin.

Pada pertandingan lain, Persebaya Surabaya meneruskan tren kemenangan mereka. Kali ini Borneo FC yang jadi korban.

Sempat tertinggal 0-1 lewat gol Matheus Pato pada menit ke-57, Persebaya justru berbalik unggul melalui aksi Sho Yamamoto dan Altariq Ballah hingga menit ke-81.

Pada menit ke-84, Agung Prasetyo membuat kedudukan menjadi imbang 2-2. Namun, Ahmad Nufiandani membuat Bajol Ijo mengoleksi tiga poin lewat golnya di menit ke-90+3.

Kemenangan ini membuat Persebaya kian memperpendek jarak dengan posisi empat besar. Tim asuhan Aji Santoso itu kini mengoleksi 34 poin, terpaut tiga poin saja dari Madura United yang ada di posisi keempat.