Mengenang Benny Dollo: 4 Klub Paling Favorit Sang Pelatih Legendaris
Mantan pelatih Timnas Indonesia, Benny Dollo. (Foto via Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Mendiang Benny Dollo menjadi sosok pelatih yang punya segudang pengalaman di sepak bola nasional. Sudah 33 tahun dia mengabdi.

Puluhan klub pernah merasakan tangan dingin pelatih asal Sulawesi Utara itu. Dari banyaknya klub Indonesia yang ada, ada beberapa klub yang difavoritkannya.

Hal ini diketahui dari cerita yang dituturkan Alex, menantu mendiang Benny Dollo. Meski tak terlalu sering bercerita soal kegiatan di lapangan, tapi Alex sadar betul mertuanya itu penuh dedikasi terhadap pekerjaannya.

“Kalau Papa sih tidak terlalu banyak bicara di rumah kalau soal bola ya, paling ada beberapa pembicaraan sepak bola Indonesia, tapi saya tidak bisa jelaskan secara detail," kata Alex saat ditemui di rumah duka di Komplek Pamulang Permai I pada Kamis, 2 Februari siang.

"Tapi yang pasti dia sangat cinta sekali dengan dunianya yang dikerjakan, terutama sama timnya, Persija, Arema, Persita, Pelita Jaya" jelasnya.

Selama kurun waktu 33 tahun, Benny Dollo rupanya bukan cuma berkecimpung sebagai pelatih di level klub Tanah Air. Ia juga dua kali dipercaya menjadi juru taktik untuk timnas di era 2000-2001 dan 2008-2009.

Kini bukan cuma kinerjanya apiknya yang diingat pecinta sepak bola Tanah Air, Benny Dollo juga akan menjadi sosok pelatih yang dirindukan.

Ia tutup usia di umur 72 tahun pada Rabu, 1 Februari malam WIB lantaran henti jantung. Saat kejadian, Benny Dollo sempat dilarikan ke RSUD Tangerang Selatan dan ditangani di ICU, namun ia menghembuskan napas terakhir pukul 20.45 WIB.

Kini jenazahnya tengah disemayamkan di kediaman keluarga di Komplek Pamulang Permai I, Tangerang Selatan. Mendiang Benny Dollo baru akan dimakamkan pada Sabtu, 4 Februari di TPU Pondok Benda.