Profil Francesco Bagnaia Sang Juara Dunia MotoGP 2022
Profil Francesco Bagnaia (Instagram @pecco63)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Setelah nyaris kehilangan gelar Juara Dunia pada tahun 2021, Francesco "Pecco" Bagnaia menjadi Juara Dunia MotoGP dengan Desmosedici GP Ducati Lenovo Team pada tahun 2022, menulis halaman sejarah sepeda motor. Setelah menemukan dirinya 91 poin dari puncak klasemen Championship setelah kecelakaan di GP Jerman, Bagnaia adalah protagonis dari paruh kedua musim yang sensasional. Seperti apa profil Francesco Bagnaia?

Dengan tujuh dan sepuluh kemenangan podium, ia mengamankan Gelar Juara Dunia pertamanya dan Gelar Juara Dunia pembalap kedua Ducati di MotoGP pada GP terakhir di Valencia. 

Ini juga merupakan Gelar Juara Dunia Italia pertama sejak 1972, 50 tahun setelah Giacomo Agostini dengan MV Agusta di kelas 500cc. Bagnaia juga menjadi pembalap Italia pertama yang memenangkan Kejuaraan Dunia MotoGP dengan motor Italia.

Profil Francesco Bagnaia

Lahir di Turin pada 14 Januari 1997, Bagnaia mengambil langkah pertama dalam karir balap motornya di balap Minimoto. Dimahkotai Juara MiniGP Eropa pada tahun 2009, Pecco segera direkrut oleh Akademi Pengendara VR46. Setelah finis kedua di akhir Kejuaraan PreGP 125, pembalap yang berbasis di Turin ini berpartisipasi dalam Kejuaraan Spanyol 2011 dan 2012 di kategori 125cc dan Moto3, menyelesaikan kedua musim dengan kemenangan dan tempat ketiga di klasemen akhir. 

Siap untuk pentas dunia, Pecco melakukan debut Kejuaraan Dunia Moto3 pada 2013 bersama Tim Italia sebelum bergabung dengan SKY Racing Team VR46 yang baru dibentuk pada tahun berikutnya. Pada 2015, bersama Team Aspar, Bagnaia mencetak podium pertamanya di kelas ringan, finis ketiga di GP Prancis di Le Mans dan memperebutkan mimbar di beberapa kesempatan lainnya. 

Pada tahun 2016, kemenangan pertamanya di Kejuaraan Dunia tiba di Assen, dan dengan enam podium (termasuk dua kemenangan), ia mengakhiri musim ketiganya di Moto3 di posisi keempat secara keseluruhan dengan raihan 145 poin.

Pada 2017, Bagnaia pindah ke Moto2 bersama Sky Racing Team VR46 dan memenangkan penghargaan Rookie of the Year terbaik, mengakhiri musim pertamanya di kategori tersebut dengan empat podium. 2018 adalah tahun yang menentukan bagi pembalap muda asal Piedmont yang dengan 8 kemenangan dan 12 podium, memenangkan gelar Kejuaraan Dunia Moto2 dan promosi ke MotoGP untuk tahun berikutnya dengan motor GP Desmosedici dari Tim Balap Pramac.

Setelah bagian pertama musim didedikasikan untuk beradaptasi dengan kategori baru, Pecco mulai bersinar di penghujung 2019, meraih posisi keempat yang luar biasa di GP Australia. Di tahun 2020, kembali bersama Ducati dari tim satelit Italia, pebalap asal Turin itu mencetak podium pertamanya (posisi kedua) di MotoGP di Grand Prix rumahnya di Misano Adriatico. Di ajang berikutnya, yang digelar di trek yang sama, ia nyaris memenangkan balapan, meski masih dalam pemulihan dari cedera parah di kaki kanannya, yang memaksanya absen dari tiga balapan.

Berkat tekad dan bakatnya, Pecco mendapatkan tempat di Tim Ducati Lenovo, pabrik dari skuad berbasis Borgo Panigale, untuk tahun 2021. Pada GP pertama di Qatar, Bagnaia meraih pole position pertamanya di kelas premier untuk mengamankan podium. dalam balapan dengan finis ketiga. Kedua, di Portimão dan kemudian di Jerez di belakang rekan setim dan pemenang Jack Miller, pembalap Italia itu terbukti lebih dari sekali siap memburu kesuksesan pertamanya, tetapi kecelakaan di GP rumahnya di Mugello memperlambat perkembangannya.

Setelah nyaris meraih kemenangan di GP Austria - yang ia selesaikan di tempat ketiga - Pecco secara resmi mengubah musimnya di Grand Prix Aragon. Berawal dari pole position, pembalap Italia itu akhirnya mengamankan kesuksesan pertamanya di MotoGP setelah performa luar biasa yang membuatnya menahan Marc Márquez yang garang sepanjang balapan. Bagnaia mencetak kemenangan luar biasa lainnya di GP San Marino dan Riviera di Rimini hanya tujuh hari kemudian. 

Setelah menutup GP Amerika di posisi ketiga, pebalap Ducati itu kembali memperebutkan gelar. Sayangnya, kecelakaan pada balapan berikutnya di Misano saat memimpin mengakhiri harapan gelarnya, dan Fabio Quartararo dinobatkan sebagai Juara Dunia. Bertekad untuk mengakhiri musim pertamanya dengan Ducati Lenovo Team dengan sangat baik, Pecco kembali ke jalur kemenangan dalam dua event terakhir tahun ini. Dengan dua kemenangan beruntun di Portimão dan Valencia, ia mengukuhkan posisi keduanya di klasemen keseluruhan, tertinggal 26 poin dari pemuncak klasemen.

Pada tahun 2022, Bagnaia terus mengenakan warna tim pabrikan dan memulai Kejuaraan Dunia sebagai salah satu favorit untuk perebutan gelar. Namun, balapan pertama menghadirkan beberapa kesulitan, termasuk beberapa kecelakaan. Setelah kemenangan fantastis di GP Spanyol dan satu kemenangan di balapan kandangnya di Mugello, Pecco jatuh lagi di GP Jerman dan mendapati dirinya tertinggal 91 poin dari puncak klasemen. 

Pebalap Italia itu tidak menyerah, dan di paruh kedua musim, ia kembali memecahkan rekor. Setelah mencetak empat kemenangan beruntun lagi, Bagnaia terus menambah poin dan memimpin Kejuaraan di Grand Prix Australia dengan hanya tersisa tiga balapan di Kalender. Setelah kemenangan fantastis lainnya di Sepang, Pecco dinobatkan sebagai Juara Dunia 2022 di babak final di Valencia. Pada tahun 2023, di tahun ketiganya bersama Tim Ducati Lenovo, Bagnaia bertujuan mempertahankan Mahkotanya.

Jadi setelah mengetahui profil Francesco Bagnaia, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!