Indonesia Masters 2023: Jonatan Christie Kandaskan Lakshya Sen, Berikutnya Bersua Shi Yuqi di Semifinal
Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie. (Foto: Ulfa Gusti Utami/VOI)

Bagikan:

JAKARTA — Tunggal putra Jonatan Christie mengalahkan wakil India Lakshya Sen untuk mencapai babak semifinal Indonesia Masters 2023.

Tiket empat besar didapat Jonatan setelah berjuang 62 menit untuk menang dengan skor 15-21, 21-10, dan 21-13 di Stadion Istora, Senayan, Jakarta, Jumat, 27 Januari 2023.

"Pertama puji Tuhan bisa melalui match yang tidak mudah. Dengan defense yang rapat dan pemain yang lincah dan serangan yang begitu baik, tapi saya bisa mengatasi," ujar Jonatan usai laga.

Jonatan bermain ketat pada enam poin di awal-awal gim pertama. Namun, ia malah tertinggal sebanyak empat poin pada interval.

Setelah istirahat pemilik medali emas Asian Games 2018 itu bangkit dan mengidentikan skor menjadi 15-15. Namun, enam poin beruntun yang dihasilkan Lakshya setelah itu sukses menutup gim pertama.

Setelah kedudukan 2-2 pada awal gim kedua, Jonatan langsung menghasilkan sembilan angka berturut-turut untuk unggul pada jeda.

Selisih angka yang begitu jauh membuat Lakshya Sen pun kesulitan untuk memangkasnya. Jonatan terus menjauh sampai memaksa laga berlanjut ke gim ketiga.

Tiga angka beruntun pada awal gim ketiga sempat membawa Jonatan memimpin 5-1. Ia kemudian dikejar oleh lawannya, tetapi empat angka beruntun berikutnya membawa ia unggul lima poin di rehat.

Lakshya bangkit dan memperkecil jarak menjadi satu poin saja. Meski demikian, ia cuma bisa menambah tiga angka setelah itu.

Di babak kedua nanti Jonatan akan bersua dengan wakil China Shi Yuqi, yang memulangkan rekan senegaranya Lu Guang Zu. Sejauh ini Jonatan unggul menang-kalah 5-4 dari sembilan pertemuan dengan Shi Yuqi.

"Ya, pasti, dia pemain bagus, terbaik dunia. Tahun lalu dia tidak banyak mengikuti kejuaraan sehingga ranking turun, tetapi tetap saja dia bagus. Kualitas tetap tidal bisa dibohongi," ujar Jonatan.

Indonesia bisa menambah tiket semifinal jika Chico Aura Dwi Wardoyo bisa menang atas Brian Yang (Kanada). Kedua pemain itu belum bermain ketika berita ini ditulis.

Sayang, keberhasilan Jonatan itu tidak diikuti pasangan ganda putra Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri. Juara All England 2022 itu ditekuk juara dunia 2021 Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang) dengan skor, 11-21, 13-21.