Indonesia Masters 2023: Jojo dan Chico Jaga Asa di Tunggal Putra
Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie. (Foto: Twitter @INABadminton)

Bagikan:

JAKARTA - Tunggal putra andalan Indonesia Jonatan Christie berhasil lolos ke babak perempat final Indonesia Masters 2023. Dia akan bersua dengan wakil India, Lakshya Sen, pada babak berikutnya.

Jonatan mengamankan tiket delapan besar berkat kemenangan dua gim 21-16 dan 21-15 atas kompatriotnya Shesar Hiren Rhustavito di Istora, Senayan, Jakarta, Kamis, 26 Januari 2023.

Babak perempat final ini mengulang kesuksesan Jonatan di tahun 2020 lalu. Ketika itu ia mencapai babak yang sama sebelum kalah di tangan wakil Denmark Anders Antonsen yang kemudian keluar sebagai runner up.

Adapun sebelum ke perempat final tahun ini, Jonatan terhenti di babak kedua pada tahun 2021 dan langsung kandas di babak pertama pada edisi 2022 lalu.

Bersua Lakshya yang menjadi unggulan ketujuh, Jonatan sebenarnya punya rekor menang-kalah 0-1 dengan pebulu tangkis ranking ke-12 dunia itu. Namun, itu tak bisa dijadikan patokan.

"Sekarang dia salah satu pemain bagus. Balik lagi saya bilang kemarin, kondisi di lapangan ikut menentukan. Jadi, menerapakan strategi tepat atau nggak bisa menjadi penentu. Saya akan menampilkan terbaik buat besok," ujar Jonatan di jumpa pers.

"Kalau dari kualitas saya dan dia sama-sama berkembang. Jadi paling membedakan adalah faktor-faktor non teknis," tambah pemilik medali emas Asian Games 2018 tersebut.

Sebelum Jojo, Chico Aura Dwi Wardoyo sudah lebih lolos ke perempat final. Dia secara sensasional mengalahkan Loh Kean Yeu, sang unggulan ketiga.

Chico menang dua gim langsung dengan skor akhir 21-18, 21-15. Kemenangan ini membawa Chico berjumpa pebulu tangkis Kanada, Brian Yang.

Lolosnya Chico dan Jojo otomatis menjaga harapan Indonesia untuk mengakhiri puasa gelar tunggal putra sejak Anthony Sinisuka Ginting keluar menjadi juara pada tahun 2020.

Anthony sendiri tahun ini langsung terhenti di babak kedua. Pebulu tangkis berusia 26 tahun itu menyerah di tangan tunggal putra China, Shi Yuqi dalam pertandingan dua gim langsung.

Selain Anthony, Kevin Sanjaya Sukamulo/Marcus Fernaldi Gideon juga turut tersingkir. Perjalanan The Minion di babak 16 besar ini terhenti saat menghadapi wakil China, Liu Yuchen/Ou Xuanyi

Mantan ganda putra nomor satu dunia itu memutuskan mundur di gim ketiga dalam kedudukan 21-19, 8-21, 6-11.