Indonesia Masters 2023: Apriyani/Fadia Jadi Wakil Pertama Tuan Rumah yang Lolos Perempat Final, Begini Nasib Ginting
Apriyani/Siti Fadia menembus perempat final Indonesia Masters 2023. (Foto: Ulfa Gusti Utami/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, berhasil melaju mulus ke perempat final Indonesia Masters 2023. Sementara dua wakil Indonesia lainnya di sektor tunggal dan ganda putra kandas.

Tampil di Istora Senayan pada Kamis, 26 Januari siang Wib, Apriyani/Fadia mengalahkan wakil Taipei Hu Ling Fang/Lin Xiao Min. Usaha untuk merebut tiket babak delapan besar terbilang tak begitu mulus. Apriyani/Fadia menang langsung dua gim dengan skor 22-20 dan 21-16 dalam waktu 47 menit.

Perlawanan sudah dirasakan Apriyani/Fadia di awal gim pertama. Wakil Taipei memberikan perlawanan hingga saat interval awal Apriyani/Fadia tertinggal dengan skor 10-11.

Selisih tipis itu membuat ganda putri unggulan tujuh ini bersemangat untuk membalikan keadaan usai jeda. Hal itu dibuktikan dengan penampilan yang lebih tenang dan fokus hingga mampu mengamankan gim pertama dengan skor 22-20.

Memasuki gim kedua, pertarungan semakin panas. Wakil Indonesia ini mencoba mendominasi pergerakan Hu/Lin dengan permainan cepat. Pola itu berhasil diterapkan dan membuat koleksi poin di interval kedua unggul 11-9.

Setelah jeda, Hu/Lin justru melakukan perlawanan. Mereka berusaha menempel perolehan poin dengan ketat, poin kembar sempat terjadi di angka 15-15 tapi akhirnya kemenangan jadi milik wakil Indonesia dengan skor 21-16.

"Kami bersyukur karena pola permainan kami disatukan. Dari awal saya bilang Fadia karena salah satu dari lawan kita itu ada yang bagus, jadi coba tekan ke yang kurang. Kami terapkan permainan tenang dan konsisten dengan komunikasi ke pelatih dan alhamdulillah lancar,” kata Apriyani seusai laga.

Sementara itu, hasil pahit justru mesti diterima Ginting dan Sabar Gautama/Mohamad Reza. Keduanya harus mengakhiri perjuangan lebih cepat.

Keduanya gagal menembus babak perempat final setelah kalah di tangan lawan masing-masing.

Ginting tumbang dia gim dengan skor 21-19, 21-16 saat melawan wakil China, ShinYu Qi. Sementara Sabar/Reza kalah dari He Ji Ting/Zhou Hao Dong dengan skor 20-22 dan 17-21.

Dengan begitu, Apriyani/Fadia menjadi wakil Indonesia pertama yang lolos ke babak perempat final. Mereka akan menantang wakil Thailand urutan keempat, Jongkolphan Kittitharakul/ Rawinda Prajongjai.