Pertama Kalinya! Gregoria Mariska Tunjung Lolos Perempat Final Indonesia Masters
Tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung. (Foto: Twitter @INABadminton)

Bagikan:

JAKARTA - Gregoria Mariska Tunjung sukses mencapai babak delapan besar Indonesia Masters 2023. Ini pertama kalinya juara dunia junior 2017 itu mencapai perempat final sejak debutnya di ajang ini 2016 silam.

Atlet asal Wonogiri tersebut mendapat tiket perempat final setelah mengalahkan wakil China, He Bing Jiao. Dia menang dua gim langsung 21-19 dan 21-17 di Stadion Istora Senayan, Jakarta, Kamis, 26 Januari 2023.

"Sebenarnya berdua bermain cukup berimbang. Cuma menguntungkan buat saya di beberapa poin kritis lawan lebih sering melakukan kesalahan sendiri," ujar Gregoria dalam jumpa pers usai pertandingan.

Ini adalah kemenangan kedua Gregoria atas He Bing Jiao dari lima pertemuan mereka. Sebelumnya, satu-satunya kemenangan Gregoria atas Bing Jiao terjadi Malaysia Open dua pekan lalu.

Sayang langkah Gregoria tak diikuti Putri Kusuma Wardani. Perjalanan Putri KW justru terhenti di babak kedua. Pebulu tangkis berusia 20 tahun ini angkat koper setelah menelan kekalahan tiga gim di tangan peringkat kedua dunia An Se Young.

Kekalahan ini adalah yang keempat yang diderita Putri dari tunggal putri Korea itu. Sebelumnya, Putri tercatat menyerah dari An Se-young saat mereka bersua di Sunrise Junior Grand Prix 2016, Korea Junior Badminton Championship 2017, dan Indonesia International Challenge 2018.

Putri mengatakan, meskipun kalah, ia mendapat banyak pelajaran dari lawannya. Ia menilai sebagai pemain top, An Se-young dianggap sudah sangat matang secara mental.

"Dia bermain sangat tenang dan kualitas dia memang bagus. Dengan melawan dia saya jadi tahu dia main seperti apa karena yang lain juga kayaknya susah banget lawan dia," ujar Putri.

Sebelum Gregoria, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva sudah mengamankan tiket perempat final pertama buat Indonesia. Pasangan ini lolos setelah mengalahkan Hu Ling Fang/Lin Xiao Min dari Chinese Taipei.

Sementara itu, ganda putra Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani harus angkat koper terlebih dahulu. Mereka takluk di tangan pasangan China, Hi Ji Ting/Zhou Hao Dong.

Tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting juga tertahan di babak kedua usai kalah dari Shi Yuqi. Pemilik medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 itu harus menderita kekalahan ketujuh dari delapan pertemuan dengan wakil China tersebut.