Bagikan:

YOGYAKARTA - Dengan jadwal yang teramat sibuk, sulit untuk menemukan waktu untuk berolahraga. Lalu rekomendasi waktu olahraga yang baik jam berapa?

Sudah sibs di karier, kehidupan sosial, dan pesta menonton maraton Drakor, mungkin sulit untuk berolahraga meskipun kita tahu itu penting untuk kesehatan dan kesejahteraan kita.

Namun, mungkin akan membantu jadwal kita yang padat untuk mengetahui bahwa dalam hal pergi ke gym, berolahraga pada waktu tertentu dapat membantu memaksimalkan tujuan kebugaran kita.

Jadi, mari cari tahu: Kapan waktu terbaik untuk berolahraga?

Waktu Olahraga yang Baik

Ilustrasi Olahraga (Gambar Christopher Campbell - Unsplash)
Ilustrasi Olahraga (Gambar Christopher Campbell - Unsplash)

 

Pagi

Kalau di logis, ada banyak keuntungan berolahraga di pagi hari.

Pertama-tama, Anda akan menyelesaikan latihan Anda bahkan sebelum Anda memulai hari Anda. Itu berarti Anda akan memulai hari Anda dengan endorfin, dan perasaan senang mengetahui Anda mencapai sesuatu sebelum jam 9 pagi yang tidak akan dicapai beberapa orang sepanjang hari. Dan itu adalah dorongan ego yang sangat besar.

Selain itu, Anda tidak perlu khawatir untuk berolahraga di sore atau malam hari. Ini bisa melegakan, menyisakan waktu untuk memasak makan malam, bersosialisasi dengan teman, dan sekadar bersantai.

Manfaatnya Menurut Ilmu Pengetahuan

Studi mendukung gagasan berolahraga di pagi hari. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Medicine and Science in Sports and Exercise mengevaluasi bagaimana wanita merespons makanan setelah berolahraga di pagi hari. Ketika para peserta - mereka yang memiliki berat badan sehat, dan mereka yang obesitas - berjalan cepat selama 45 menit, mereka tidak terlalu terganggu oleh foto makanan yang tampak lezat dibandingkan dengan mereka yang tidak berolahraga sama sekali.

Berdasarkan aktivitas pagi ini, pada hari-hari para peserta berolahraga di pagi hari, mereka juga meningkatkan aktivitas fisik mereka sepanjang hari lebih banyak daripada hari-hari mereka tidak berolahraga di pagi hari. Manfaat tambahan dari berolahraga di pagi hari termasuk peningkatan metabolisme, yang berarti Anda akan terus membakar kalori sepanjang hari saat Anda mengkonsumsinya daripada di malam hari saat Anda sedang tidur.

Alasan lain untuk berolahraga di pagi hari? Studi menyarankan bahwa meningkatkan rezim kebugaran Anda di malam hari dapat mengganggu tidur Anda. Olahraga meningkatkan detak jantung dan suhu tubuh Anda. Itu berarti bahwa sesi keringat larut malam dapat menghambat kemampuan Anda untuk tidur. Studi telah menunjukkan bahwa berolahraga pada jam 7 pagi, dibandingkan dengan sore atau malam hari, dapat membantu individu mendapatkan tidur yang lebih berkualitas di malam hari.

Satu argumen lagi yang membuat alasan untuk berolahraga di pagi hari adalah berolahraga dengan perut kosong bisa membakar lebih banyak lemak. Berolahraga bisa membakar hingga 20 persen lebih banyak lemak tubuh saat pergi ke gym dengan perut kosong. Ini adalah prestasi yang jauh lebih bisa dicapai di pagi hari, sebelum sarapan, daripada setelah seharian penuh di mana Anda harus makan secara teratur!

Sore

Meskipun sepertinya pagi hari adalah waktu yang ideal untuk berolahraga, berolahraga di sore hari atau setelah jam kerja memiliki manfaat yang sudah terbukti. Merencanakan olahraga malam mungkin berarti Anda mendapatkan istirahat ekstra di pagi hari. Tapi ada manfaat lain juga!

Manfaatnya Menurut Ilmu Pengetahuan

Satu belajar menemukan bahwa kemampuan tubuh Anda untuk tampil maksimal di sore hari. Suhu tubuh Anda meningkat sepanjang hari, mengoptimalkan fungsi dan kekuatan otot Anda, aktivitas enzim, dan daya tahan untuk kinerja.

Antara jam 2 siang. dan jam 6 sore, suhu tubuh Anda paling tinggi. Ini mungkin berarti Anda akan berolahraga selama jendela waktu tubuh Anda paling siap, berpotensi menjadikannya waktu yang paling efektif untuk berolahraga.

Selain itu, kinetik pengambilan oksigen lebih cepat di malam hari, yang berarti Anda menggunakan sumber daya lebih lambat dan efektif daripada di pagi hari. Berolahraga di pagi hari juga bisa memerlukan tambahan pemanasan tambahan untuk rutinitas Anda, yang bisa menghilangkan fokus latihan Anda.

Kasus untuk berolahraga di sore dan malam hari berlanjut. Di sore dan malam hari, waktu reaksi Anda paling cepat, yang penting untuk latihan seperti latihan interval intensitas tinggi (HIIT), atau latihan kecepatan di atas treadmill. Sore hari juga merupakan saat detak jantung dan tekanan darah Anda paling rendah, yang mengurangi kemungkinan cedera sekaligus meningkatkan kinerja.

Sementara beberapa orang mungkin memperingatkan individu tentang bagaimana berolahraga di malam hari dapat mengganggu tidur Anda, satu penelitian bahkan menemukan bahwa mereka yang mengangkat beban di malam hari mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik dan tidur lebih lama daripada mereka yang melakukan latihan yang sama di pagi hari.

Lalu Mana yang Terbaik?

Jadi jam berapa yang terbaik? Meskipun sains dan studi tampak kontradiktif, satu hal yang jelas: Berolahraga itu penting, tidak peduli jam berapa Anda melakukannya.

Yang paling penting adalah Anda menemukan waktu yang sesuai untuk Anda dan yang sesuai dengan jadwal Anda, lalu menaatinya. Dengan menjaga rezim latihan Anda konsisten pada waktu yang sama setiap hari, Anda dapat memperoleh hasil pelatihan yang lebih besar. Dan bukankah itu yang terpenting?

Jadi setelah mengetahui waktu olahraga yang baik, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!