Kapan Waktu yang Tepat untuk Melakukan Yoga, Simak Bagi yang Sibuk Bekerja
kapan waktu yang tepat untuk melakukan yoga (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Yoga merupakan kegiatan yang bermanfaat baik untuk kesehatan fisik maupun mental. Setiap orang biasanya menjalani senam yoga dalam pilihan waktu yang berbeda, baik siang, sore, maupun malam hari tergantung dari waktu luang masing-masing. Lantas kapan waktu yang tepat untuk melakukan yoga?

Senam yoga merupakan latihan yang fokus pada kekuatan, kelenturan, dan pernapasan. Olahraga ini semakin populer sejak masa pandemi COVID-19, di mana banyak orang melakukan olahraga di rumah. Selain itu, olahraga ini juga tidak membutuhkan gerakan yang sulit dan peralatan khusus. Namun, terdapat juga gerakan-gerakan yang memiliki tingkat kesulitan cukup tinggi. 

Olahraga yoga bisa dilakukan dengan mudah di rumah dan cocok untuk semua kalangan. Supaya bisa merasakan hasil yoga secara maksimal, Anda perlu tahu kapan waktu yang tepat untuk melakukan yoga.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Melakukan Yoga

Sebenarnya yoga bisa dijalani kapan saja, yang penting tidak mengganggu aktivitas harian dan sesuai kebutuhan masing-masing orang. Ada orang yang melakukan di waktu pagi, sore, ataupun malam hari. 

Berikut ini waktu terbaik untuk melakukan yoga disesuaikan dengan kesibukan dan kebutuhan setiap orang:

Melakukan Yoga saat Pagi Hari

Pagi hari merupakan waktu yang paling disarankan untuk melakukan yoga. Sebaiknya jalani yoga di pagi hari ketika perut masih kosong atau sebelum sarapan. Senam yoga di saat pagi dapat membantu meningkatkan suasana hati atau mood seharian sehingga membuat lebih semangat beraktivitas. 

Olahraga yoga di pagi hari juga dapat membantu tubuh lebih rileks dan meredakan nyeri otot. Pada saat pagi hari, metabolisme tubuh akan lebih lancar karena kadar gula dalam kondisi lebih stabil dan pencernaan lebih baik. 

Namun, perlu diperhatikan bahwa yoga pada pagi hari harus pemanasan terlebih dahulu. Sebab, otot tubuh masih dan terasa kaku sehingga fleksibilitas mungkin terbatas. Anda bisa melakukan sedikit peregangan sebelum memulai yoga. 

Melakukan Yoga saat Sore atau Malam Hari

Senam yoga saat sore atau malam hari merupakan waktu yang cocok untuk orang-orang sibuk. Anda bisa menjalani kegiatan yoga sepulang dari kerja atau selepas aktivitas seharian. Yoga dapat membantu mengurangi tingkat stres setelah lelah menjalani aktivitas sehari-hari. 

Pada saat malam hari, otot-otot tubuh akan lebih siap dalam menjalani gerakan yoga. Selain itu, melakukan yoga pada malam hari juga meningkatkan atau mengoptimalkan sistem pencernaan dari asupan makanan yang dikonsumsi selama seharian. Setelah menjalani yoga, Anda pun bisa tidur lebih nyenyak atau berkualitas. 

Namun, perlu diingat bahwa sebaiknya yoga malam hari tidak dilakukan terlalu intens atau dalam kadar berat. Intensitas yang terlalu tinggi atau berlebihan justru akan mengganggu kualitas tidur malam. Lebih baik yoga malam difokuskan pada latihan pernapasan dan relaksasi tubuh. 

Lakukan Yoga Satu Kali Setiap Harinya

Anda juga disarankan untuk melakukan yoga cukup satu kali saja setiap harinya. Anda bisa mengagendakan kegiatan yoga secara rutin baik itu di siang hari, sore, ataupun malam di saat ada waktu luang. Kunci untuk merasakan hasil maksimal dari yoga bukanlah seberapa lelah atau berat menjalaninya, tapi konsisten dan intens di waktu yang sama setiap harinya. 

Demikianlah ulasan mengenai kapan waktu yang tepat untuk melakukan yoga bagi Anda yang sibuk bekerja. Sebenarnya manfaat yoga tidak akan berubah meski itu dilakukan dalam waktu berbeda, entah pagi, sore, atau malam hari. Asalkan kegiatan yoga dijalankan secara rutin dan konsisten. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.