Bagikan:

YOGYAKARTA – Olahraga rutin merupakan cara menurunkan berat badan atau setidaknya mengelola berat badan supaya tidak naik. Sebuah penelitian menemukan, olahraga pagi hari ternyata lebih efektif menurunkan berat badan dibandingkan waktu lain dalam sehari.

Kalau Anda sedang mencari waktu yang tepat untuk berolahraga, khususnya bertujuan menurunkan berat badan, pilihlah olahraga pagi hari. Meskpun dalam penelitian belum jelas berapa lama waktu olahraga yang optimal. Tetapi bukti baru menunjukkan bahwa olahraga antara pukul 7-9 pagi merupakan waktu paling efektif mengatasi obesitas.

olahraga pagi lebih baik untuk mengelola berat badan
Ilustrasi olahraga pagi lebih baik untuk mengelola berat badan (Freepik )

Penelitian observasional ini, peneliti menemukan orang yang berolahraga pada pagi hari memiliki BMI dan lingkar pinggang lebih rendah. Bahkan ketika mereka melakukan olahraga lebih sedikit dibandingkan orang yang berolahraga sore dan malam hari. Melansir Healthline, Senin, 11 Maret, peneliti menyimpulkan bahwa olahraga pagi penting dilakukan untuk mencegah obesitas dan memberikan dampak positif bagi orang-orang yang tidak banyak bergerak sepanjang hari.

Penelitian ini diterbitkan September tahun kemarin, 2023, dalam jurnal medis Obesity. Penulis utama penelitian tersebut, dokter Tongyu Ma, asisten profesor dan peneliti di Universitas Politeknik Hongkong dan Universitas Franklin Pierce, mengetakan bahwa olahraga sangat penting untuk keberhasilan pengelolaan badan. Durasi waktu yang efektif masih kurang diketahui. Tetapi kalau dilakukan pada pagi hari, hasilnya akan lebih optimal.

Profesor Ma dan timnya mengamati 5.285 orang yang berpartisipasi dalam Survei Pemeriksaan Gizi (NHANES) antara tahun 2003-2006. Survei dilakukan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC). Laporan data mengenai usia, jenis kelamin, pola makan, serta data accelerometer atau perangkat yang dikenakan di pinggul untuk melacak aktivitas, Ma melihat ada korelasi antara olahraga, BMI, dan lingkar pinggang.

Partisipan dalam penelitian dibagi dalam tiga kelompok berdasarkan waktu olahraga, pagi, siang, dan malam. Peneliti menemukan bahwa individu yang berolahraga di pagi hari memiliki rata-rata BMI yang lebih rendah (27,4) dibandingkan mereka yang berolahraga di sore hari (28,4) dan malam hari (28,2). Lingkar pinggang menunjukkan hubungan serupa; pinggang rata-rata kelompok olahraga pagi adalah 95,9 sentimeter (37,7 inci,) dibandingkan dengan 97,9 (38,5 inci) untuk kelompok sore, dan 97,3 (38,3 inci) untuk kelompok malam.

Menariknya, kelompok olahraga pagi melakukan lebih sedikit olarhaga dan lebih banyak waktu duduk. Namun kelompok ini mempertahankan BMI dan ukuran pinggang. Bukti dalam penelitian ini juga menjelaskan soal metabolisme. Untuk menjaga metabolisme sehat dan berat badan ideal, penting melakukan hal benar pada waktu yang tepat.

Peneliti sendiri tidak bisa menjelaskan hal pasti yang menyebabkan olahraga pagi efektif mengelola berat badan. Menurut dokter Ma, banyak proses fisiologis yang menunjukkan ritme sirkadian termasuk metabolism yang berkaitan erat dengan obesitas. Namun diperlukan banyak penelitian supaya menjelaskan secara eksplisit. Di samping efektif mengelola berat badan, olahraga pagi juga membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi stres, dan mengurangi kecemasan.