Bagikan:

JAKARTA - Ada yang bilang olahraga pagi itu bagus karena tubuh bisa terpapar sinar matahari yang sehat. Namun ada juga yang beranggapan bahwa olahraga malam hari lebih baik sebab energi dapat terkumpul setelah beraktivitas sepanjang hari. Jadi, mana yang tepat? Olahraga pagi hari atau malam hari?

Manfaat yang didapatkan tubuh saat berolahraga dipengaruhi oleh faktor hormonal maupun faktor fisiologis. Kedua faktor ini juga dipengaruhi oleh ritme biologis tubuh yang sering disebut irama sirkadian. Irama sirkadian tubuh pun dipengaruhi oleh waktu harian seperti pagi atau malam yang disebut dengan variasi diurnal. 

Meskipun demikian, variasi diurnal ini tidak hanya serta merta memengaruhi olahraga. Banyak juga misalnya intensitas, durasi, maupun tipe-tipe olahraga yang sedang Anda lakukan pada hari itu.

Benita Arini Kurniadi, tim dokter Ai Care mengatakan bahwa baik olahraga pagi maupun malam sama-sama memiliki manfaat. Manfaat olahraga pagi adalah kadar testosteron lebih tinggi di pagi hari. Hormon testosteron berguna untuk membakar lemak dan meningkatkan efektifitas olahraga. Selain itu, the afterburn effect saat berolahraga pagi hari dapat berlangsung lebih lama sehingga sepanjang hari tubuh akan melakukan pembakaran kalori lebih optimal. Lalu, melakukan olahraga kardio di pagi hari juga dapat meningkatkan fokus dan juga konsentrasi saat melakukan aktivitas sepanjang hari.

Nah, olahraga malam hari juga tak kalah banyak manfaatnya. Pertama, melakukan olahraga di malam hari durasi dan intensitas olahraga jadi lebih panjang. Kedua, terjadi peningkatan suhu tubuh di sore hari sehingga olahraga jadi lebih efektif. Terakhir, buat Anda yang memiliki gangguan tidur, olahraga malam dapat meningkatkan kualitas tidur apabila dilakukan 3-5 jam sebelum tidur. 

Lalu, mana yang lebih baik olahraga pagi atau malam? Jawabannya, keduanya memiliki manfaatnya masing-masing. Tergantung kenyamanan Anda melakukan olahraga antara dua waktu tersebut. Yang terpenting bukanlah waktunya, melainkan konsistensi Anda melakukan olahraga tersebut dan pilih olahraga apa yang paling Anda sukai.

Jangan lupa juga perhatikan hal-hal yang sebelum berolahraga seperti kurang pemanasan dan terlalu lelah berolahraga.