Timnas Indonesia Punya Rekor Jelek Lawan Thailand, Shin Tae-yong: Masyarakat Sudah Bisa Percaya
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Foto: Twitter @pssi)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia akan menghadapi Thailand pada lanjutan Piala AFF 2022. Kedua tim akan bentrok di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis, 29 Desember.

Skuad Garuda punya rekor buruk saat bertemu Thailand sejak 1957. Dari 80 laga yang sudah dilakoni, setengahnya dimenangi Thailand.

Sedangkan 25 laga dikuasai Indonsia serta sisanya berakhir imbang.

Sementara pada enam pertemuan terakhir sejak tahun 2016, Indonesia bahkan tidak mampu mengalahkan Thailand. Sepanjang itu, Indonesia cuma mampu memaksakan dua hasil seri dan sisanya tuntas dengan kekalahan.

Catatan Timnas Indonesia melawan Thailand di era Shin Tae-yong juga tak bagus. Pria asal Korea Selatan itu tak pernah membawa Tim Merah Putih mengalahkan Thailand sejak bertugas mulai akhir tahun 2019.

Saat berjumpa di Piala AFF U-19 2022, Indonesia imbang tanpa gol dengan Thailand. Di level U-23, Indonesia kalah 0-1 dari Thailand di semifinal SEA Games 2021.

Di timnas senior, Shin membawa Indonesia seri 2-2 dengan Thailand pada laga Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Kemudian, tim "Garuda" kandas 0-4 pada leg pertama final Piala AFF 2020 dan sama kuat 2-2 pada leg kedua.

Meski demikian, Shin optimistis timnya bisa menang kali ini. Dia juga meminta suporter untuk terus memberikan dukungan.

"Sekarang saya bisa tegaskan masyarakat bisa percaya dengan timnas saat ini," kata Shin dalam konferensi jelang laga, Rabu, 28 Desember.

Juru taktik asal Korea Selatan itu menyebut, hasil-hasil negatif pada pertemuan sebelumnya terjadi lantaran dirinya masih membutuhkan waktu untuk membangun Timnas Indonesia.

"Sekarang tim sudah berkembang, baik dalam kekompakan maupun kualitas pemain," tutur Shin.