Minta Pemain Jangan Tegang Hadapi Thailand, Shin Tae-yong: Nikmati Laga dan Tampil Sekuat Tenaga
Shin Tae-yong (Foto: PSSI)

Bagikan:

JAKARTA — Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong meminta pemain tidak boleh tegang saat bersua Thailand di laga lanjutan fase grup Piala AFF 2022.

Pasukan Garuda dan Gajah Perang sama-sama hadir dengan modal dua kemenangan saat bersua di pertandingan ketiga Grup A di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis, 29 Desember besok.

"Laga ini sangat penting di Grup A, dan para pemain juga sama pikirannya. Saya tegaskan kepada para pemain untuk menikmati laga dan tampil sekuat tenaga. Jangan sampai tegang," kata pelatih Korea itu, Rabu, 28 Desember 2022.

Indonesia saat ini menempati posisi kedua grup setelah mengoleksi poin maksimal dari dua pertandingan. Thailand juga mengoleksi angka yang sama, tapi berhak atas posisi wadih karena unggul selisih gol.

Pertemuan ini bisa menjadi sangat menentukan tim mana yang akan lolos sebagai juara grup dan runner up nantinya.

Jika lolos sebagai runner up maka Indonesia sangat besar kemungkinan menghadapi tim kuat Vietnam di semifinal. Thailand juga tentu tidak ingin bersua Vietnam di semifinal sehingga tiket juara grup pasti sangat mereka butuhkan.

Shin mengatakan, melihat kualitas yang dimiliki Thailand maka untuk bisa mengamankan tiga poin timnya harus bekerja ekstra keras.

"Saat ini, semua pemain tampil baik dalam pertandingan, apalagi tim sudah cetak sembilan gol dalam dua laga. Tetapi yang penting apakah para pemain bisa bekerja maksimal atau tidak," kata dia.

Indonesia adalah runner up di edisi sebelumnya tahun 2020 lalu. Ketika itu Indonesia gagal mengangkat gelar pertama setelah kalah dari Thailand dalam final dua leg.

Total Garuda sejauh ini sudah enam kali runner up dalam 13 edisi ajang dua tahunan ini digelar sejak 1996. Selain 2020, Merah Putih juga menjadi runner up di tahun 2000, 2002, 2004, 2010, dan 2016.

Di atas kertas Indonesia memiliki rekor yang kurang menyenangkan setiap kali bersua Thailand di Piala AFF. Total dari 14 pertemuan yang terjadi yang di ajang itu, Garuda tercatat cuma menang dua kali, menelan sembilan kekalahan, dan seri tiga kali.

Selain itu, rekor Shin Tae Yong menghadapi tim Gajah Perang juga masih begitu muram. Ia tercatat belum pernah menang dari empat pertemuan sejak ia menjadi pelatih timnas Indonesia (dua kali seri dan dua kali kalah).

Kedua tim akan melakoni laga ini setelah sama-sama menang pada dua pertandingan fase grup sebelumnya. Hasil yang membuat mereka menguasai dua posisi teratas klasemen sementara.