Mick Schumacher Gabung Mercedes sebagai Pebalap Cadangan Musim 2023
Mick Schumacher resmi jadi pebalap cadangan Mercedes GP F1. (Foto: Instagram/@f1)

Bagikan:

JAKARTA - Mercedes resmi menunjuk Mick Schumacher, putra Michael Schumacher, sebagai pebalap cadangan mereka untuk musim 2023.

Pengumuman Mercedes dibuat kurang dari satu jam setelah Ferrari mengonfirmasi bahwa mereka telah berpisah dengan Mick, yang sebelumnya merupakan bagian dari akademi pebalap mereka.

"Mick adalah seseorang yang selalu dekat dengan hati kami karena Michael atau seluruh keluarga Schumacher," kata kepala Mercedes, Totto Wolf.

"Dia (Mick) adalah seorang pemuda yang cerdas dan santun. Dia sangat sukses dalam formula junior. Kami percaya bahwa kami dapat menjaganya jika situasinya terjadi dan dengan seseorang yang cocok dengan tim," tambah dia.

Mick akan menjadi cadangan untuk pebalap utama tim, yakni Lewis Hamilton dan George Russell. Mick menggantikan peran Nyck de Vries yang bergabung dengan AlphaTauri.

Anak dari juara dunia Formula 1 tujuh kali itu kehilangan kursinya di tim Haas setelah menjalani dua musim di sana. Posisinya di Haas pun kini diganti Nico Hulkenberg untuk musim 2023.

Sebelumnya, Daniel Ricciardo dikaitkan dengan posisi tersebut, tetapi ia kembali ke Red Bull sebagai pebalap ketiga mereka sehingga membuka jalan bagi Mick.

Bergabung dengan Mercedes tentu menjadi hal paling spesial buat Mick. Pasalnya, sang ayah pernah menghabiskan tiga musim terakhirnya sebagai pebalap F1 bersama Mercedes.

"Saya pikir dia pantas mendapat tempat dan sekarang kita harus melihat apakah kita bisa melakukan sesuatu," kata Wolf.

Schumacher bergabung dengan akademi Ferrari pada 2019. Sejak itu mulai muncul harapan dia bisa mengikuti jejak yang ditorehkan oleh ayahnya.

Setelah gagal mencetak poin dengan mobil Haas dalam kampanye debutnya, Schumacher menunjukkan tanda-tanda kebangkitan pada tahun 2022.

Ia sukses finis kedelapan dan keenam dalam balapan beruntun di Silverstone dan Grand Prix Austria. Namun, ia tidak mampu menambah jumlah tersebut dan justru kalah dari rekan setimnya Kevin Magnussen sebanyak 13 poin.