Bagikan:

JAKARTA - Luis Enrique resmi dipecat dari jabatannya sebagai pelatih tim nasional Spanyol. Enrique didepak setelah La Furia Roja disingkirkan Maroko dari babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar, Selasa kemarin.

Keputusan ini sudah dikonfirmasi oleh Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF). Dalam pernyataan terbaru mereka mengatakan, "proyek baru" harus dimulai tanpa menyebut kapan pelatih baru La Furia Roja diumumkan.

"Kami ingin berterima kasih kepada Luis Enrique dan seluruh staf pelatihnya," kata RFEF dalam sebuah pernyataan yang dilansir dari BBC Sport, Kamis, 8 Desember 2022.

Enrique yang berusia 52 tahun, mulai memimpin tim nasional Spanyol sejak 2018 lalu. Pencapaian terbaiknya selama periode itu adalah membawa Spanyol ke semifinal Piala Eropa 2020 yang berlangsung tahun lalu.

Mantan pelatih Barcelona itu sempat mundur dari perannya untuk sementara waktu pada tahun 2019 karena mendiang putrinya didiagnosis menderita kanker tulang. Ia lalu mengambil jabatannya lagi untuk persiapan Piala Eropa tahun lalu.

Setelah disingkirkan Italia di semifinal Piala Eropa, Enrique berharap timnya bisa melangkah lebih jauh di Qatar. Sayang, mereka terhenti di babak 16 besar setelah kalah adu penalti dengan Maroko.

Perjalanan Spanyol di Qatar sebenarnya dimulai dengan apik setelah mengalahkan Kosta Rika 7-0 dalam pertandingan pertama fase grup. Sayang setelah itu mereka cuma bermain imbang 1-1 dengan Jerman dan kalah 2-1 dari Jepang.

Pada hari Selasa kemarin, Spanyol juga cuma bermain imbang tanpa selama 120 menit melawan Maroko sebelum tiga penendang mereka gagal mengeksekusi tendangan penalti di babak tos-tosan.