<i>Preview</i> Piala Dunia 2022 Spanyol Vs Kosta Rika: Periode Sulit La Furia Roja
Timnas Spanyol (Twitter @sefutbol)

Bagikan:

JAKARTA — Spanyol akan bersua dengan Kosta Rika di pertandingan Grup E Piala Dunia 2022 Qatar di Stadion Al Thumama, Rabu, 23 November pukul 23.00 WIB.

La Furia Roja sedang menghadapi masa-masa tersulit sejak mengangkat trofi Piala Dunia pertama pada 2010 lalu di Afrika Selatan. Sementara itu, Kosta Rika sukses mencapai babak perempat final pada edisi 2014 lalu di Brasil, yang merupakan performa terbaik mereka di sejarah kompetisi.

Saat memenangi Piala Dunia di Afrika, Spanyol berada di puncak generasi emas mereka. Di periode itu, mereka juga memenangi Piala Eropa back to back pada 2008 dan 2012.

Namun, masa-masa sulit bagi Spanyol kemudian datang setelahnya. Salah satunya adalah mereka harus menerima kenyataan langsung tersingkir di babak penyisihan grup saat menuju Brasil.

Ketika itu mereka menelan dua kekalahan dan hanya mendapat satu kemenangan saja. Perjalanan mereka di Piala Dunia berikutnya di Rusia 2018 lalu, juga tersendat di babak 16 besar setelah kalah adu penalti melawan tuan rumah.

Setelah itu, Spanyol bangkit dan membuat perjalanan mereka sedikit lebih mengesankan ketika tampil di Euro tahun lalu. Di kompetisi itu, mereka mencapai babak semifinal sebelum dihentikan oleh Italia.

Kini anak asuh Luis Enrique datang ke Qatar dengan modal kemenangan 3-1 atas Jordania pada hari Kamis tengah pekan kemarin. Itu adalah pertandingan pertama mereka sejak mengakhiri kampanye UEFA Nations League dengan kemenangan 1-0 atas Portugal pada akhir September.

Di kompetisi itu, Spanyol finis di puncak Grup 2 Liga A untuk melaju ke semifinal. Sementara itu, mereka juga datang ke Piala Dunia tahun ini setelah menduduki posisi puncak Grup B, meraih 19 poin dari delapan pertandingan.

Di sisi lain, Kosta Rika hadir di ajang terakbar ini dengan modal yang kurang bagus. Mereka selalu tersingkir di babak penyisihan grup turnamen pada tahun 2002, 2006, dan 2018.

Adapun saat di Brasil 2014, mereka melaju ke perempat final. Ketika itu mereka memuncaki Grup D di atas Uruguay, Italia, dan Inggris sebelum mengalahkan Yunani melalui adu penalti di babak sistem gugur pertama.

Los Ticos dalam kepercayaan diri tinggi datang ke Qatar setelah mencatatkan kemenangan 2-0 atas Nigeria dalam pertandingan persahabatan terakhir mereka pada 11 November lalu.

Selain itu, mereka juga hanya kalah sekali dari 13 pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi. Untuk itu, Spanyol perlu hati-hati jika mereka tidak ingin bernasib sial di laga perdana grup.

Perkiraan Formasi:

Spanyol (4-3-3): Simon; Carvajal, Laporte, P Torres, Alba; Pedri, Busquets, Gavi; F Torres, Morata, Fati.

Kosta Rika (4-3-3): Navas; C Martinez, Calvo, Duarte, Oviedo; Tejeda, Bennette, G Torres; Borges, Contreras, Campbell.