Sentil Sikap Pemain Muda MU, Ronaldo Cuma Kagumi 3 Nama
Cristiano Ronaldo dan rekan-rekannya di MU (Instagram @cristiano)

Bagikan:

JAKARTA - Kontroversi Cristiano Ronaldo dalam wawancara bersama Piers Morgan makin panas. Ronaldo menyentil sikap profesional para pemain muda Setan Merah.

Pemain Portugal itu mengatakan, dari banyaknya pemain muda di MU, hanya sejumlah nama yang diakuinya profesional. Mereka adalah Diogo Dalot, Lisandro Martinez dan Casemiro.

Ronaldo mengatakan pemain muda di era saat ini seperti kurang menghargai  pemain senior. Teknologi yang semakin canggih di lingkup sepak bola saat ini cukup berpengaruh dan membuat para pemain muda dimudahkan dalam banyak hal.

“Saya tidak berpikir bahwa mereka tidak menghormati pemain yang lebih berpengalaman atau pemain yang lebih tua, tetapi mereka hidup di era yang berbeda. Saya dapat mengatakan bahwa untuk anak saya yang berusia 12 tahun, mentalitasnya tidak sama,” kata Ronaldo dikutip dari Daily Mail pada Kamis, 17 November.

“Rasa lapar mereka berbeda. Saya pikir mereka memiliki hal-hal yang lebih mudah, semuanya mudah, mereka tidak menderita dan mereka tidak peduli,”

“Para pemain muda tidak sama dengan generasi saya. Tapi Anda tidak bisa menyalahkan mereka, karena itu adalah bagian dari kehidupan dan generasi baru, teknologi baru yang mengalihkan perhatian mereka,” ungkap sang bintang.

Kendati demikian, Ronaldo tetap menilai ada sejumlah pemain dalam tim yang dianggapnya patut jadi contoh baik karena profesionalitas. Ia mengagumi tiga nama dan meyakinkan bahwa salah satunya akan punya karir yang panjang.

“Di Manchester United saya bisa menyebut (Diogo) Dalot, dia muda, tapi sangat profesional tapi saya tidak ragu bahwa dia akan memiliki umur panjang di sepak bola karena dia masih muda, dia cerdas, cerdas dan dia sangat profesional,” beber pemain 37 tahun itu.

“Mungkin (Lisandro) Martinez juga dan Casemiro yang berusia 30-an, tapi saya akan mengatakan Dalot adalah yang terbaik,” lanjutnya.

Ronaldo menyinggung bahwa di eranya dulu para pemain senior menjadi kiblat untuk memacu diri lebih baik di lapangan. Ronaldo juga mengatakan bagaimana ia belajar menjaga kemampuannya dari para senior tersebut.

“Itu (sikap pemain muda saat ini) tidak mengejutkan saya. Tetapi dengan cara yang sama, itu memalukan karena jika mereka memiliki contoh terbaik di depan mata, mereka setidaknya bisa meniru apa yang Anda lakukan,”

“Bagi saya, ini agak aneh, karena saya ingat ketika saya berusia 18, 19, 20, saya selalu melihat pemain terbaik dalam diri Van Nistelrooy, Ferdinand, Roy Keane, dan Giggs, dari mereka saya sukses dan memiliki umur panjang,” bebernya.

“Saya menjaga tubuh saya, mentalitas saya, kepala saya, karena saya melihat orang-orang ini (para senior) dan saya belajar dari mereka,” kata Ronaldo.