Bagikan:

JAKARTA — Arsenal akan memulai upaya mereka untuk mengakhiri paceklik gelar Piala Liga Inggris (Carabao Cup) selama 30 tahun ketika mereka kedatangan tim tamu Brighton & Hove Albion ke Emirates, Kamis, 10 November dini hari nanti.

Upaya untuk melewati babak ketiga saat menjamu Seagulls seharusnya mudah bagi The Gunners jika melihat konsistensi mereka sejauh ini di pentas Liga Premier Inggris. Terlebih mereka datang setelah mengalahkan Chelsea di pekan ke-15 Liga Premier, Minggu kemarin.

Satu-satunya catatan dalam kemenangan itu adalah margin gol yang terlalu sedikit. Namun, bagaimanapun hasil itu sudah cukup membawa mereka kembali ke puncak klasemen, unggul dua poin atas Manchester City di posisi kedua.

Penampilan di Liga Premier ini membuat pendukung The Gunners kian percaya mereka bisa mempertahankan posisi mereka. Akan tetapi, terlepas dari itu mereka harus mengalihkan perhatian ke Carabao Cup untuk menjaga kans meraih lebih dari satu gelar di ujung musim nanti.

Kompetisi Piala Liga Inggris hanya dimenangkan dua kali oleh Arsenal dalam sejarah panjang klub mereka. Gelar terakhir bahkan mereka dapatkan 30 tahun lalu pada musim 1992/1993 setelah mengalahkan Sheffield Wednesday di partai final.

Klub asal London Utara ini berhasil mencapai semi final tahun lalu. Mereka secara mengesankan menahan Liverpool untuk bermain imbang tanpa gol di Anfield pada leg pertama dengan 10 pemain, tetapi harus menelan kekalahan 0-2 di Emirates.

Arsenal yang diasuh Mikel Arteta memasuki laga melawan Brighton dengan raihan tiga kemenangan beruntun dan tiga clean sheet berturut-turut di semua turnamen. Selain itu, mereka juga punya 12 kemenangan beruntun di Emirates.

Meski demikian, untuk bisa menggoyahkan Brighton, The Gunners perlu juga waspada. Pasalnya, tim besutan Roberto De Zerbi datang dengan dua kemenangan sensasional, mengalahkan Chelsea 4-1 dan menekuk Wolverhampton Wanderers 3-2 di laga terbaru.

Untuk itu, De Zerbi tentu ingin menambah catatan apiknya setelah membawa timnya ke urutan keenam Liga Premier. Perjalanan Piala Liga yang lebih jauh juga akan disambut oleh para pendukung Seagulls karena mereka sebelumnya tidak pernah melangkah sejauh ini.

Seagulls dua kali tersingkir di babak keempat dari Manchester United dan Leicester City dalam dua musim terakhir. Sementara itu, musim ini mereka mengalahkan Forest Green Rovers 3-0 di babak kedua dan akan mencoba melewati babak ini di Emirates.

Perkiraan Formasi

Arsenal (4-2-3-1): Turner; Cedric, Holding, Gabriel, Tierney; Elneny, Lokonga; Marquinhos, Vieira, Nelson; Nketiah. Pelatih: Mikel Arteta.

Brighton & Hove Albion (3-4-3): Steele; Veltman, Dunk, Colwill; Lamptey, Caicedo, Gilmour, Mitoma; Maret, Welbeck, Trossard. Roberto De Zerbi.