Liverpool Mau Dijual dengan Harganya Rp70 Triliun, Berminat?
Liverpool kabarnya ingin dijual sang pemilik. (Foto: Twitter/@LFC)

Bagikan:

JAKARTA - Kabar mengejutkan datang dari klub Premier League Inggris, Liverpool. Tim berjuluk The Reds itu bakal dijual sang pemilik, Fenway Sports Group (FSG).

FSG mengaku sering mendapatkan penawaran dari pihak ketiga yang ingin membeli saham klub dari mereka. Namun, belum ada yang bisa memenuhi persyaratan.

"FSG telah sering menerima pernyataan minat dari pihak ketiga yang ingin menjadi pemegang saham di Liverpool," kata FSG dalam pernyataan mereka yang dikutip AFP via Antara, Selasa, 8 November.

"FSG telah mengatakan sebelumnya bahwa di bawah syarat dan ketentuan yang tepat, kami akan mempertimbangkan pemegang saham baru bila itu demi kepentingan terbaik Liverpool sebagai klub," lanjutnya.

FSG yang dimiliki oleh John w. Henry, membeli Liverpool dari George Gillett dan Tom Hicks pada tahun 2010. Mereka mengeluarkan dana 300 juta poundsterling (sekitar Rp5,39 triliun).

Liverpool kemudian mengalami transformasi luar biasa. Mereka mendatangkan Jurgen Klopp dari Borussia Dortmund sebagai manajer The Reds pada 2015 dan keputusan itu menghadirkan kesuksesan luar biasa bagi tim.

Total delapan piala sejauh ini sudah dimenangkan Liverpool sejak diakusisi Fenway Sports Group, termasuk mengangkat trofi liga Inggris untuk pertama kali dalam 30 tahun dan menjuarai Liga Champions pada 2019.

Berdasarkan laporan Forbes pada Mei 2022, Liverpool saat ini memiliki nilai jual sebesar 3,89 miliar poundsterling (sekitar Rp70,2 triliun).

Angka tersebut naik berkali-kali lipat lebih tinggi ketimbang saat FSG mengakuisisi Liverpool pada 2010.