Bagikan:

JAKARTA - Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia, keluar sebagai juara dunia MotoGP 2022. Finis kesembilan pada balapan MotoGP Valencia, Minggu, 6 November 2022, sudah cukup baginya memecahkan sejumlah rekor yang sudah bertahan lama.

Pencapaian Pecco, sapaan akrab Bagnaia, mengakhiri paceklik gelar pebalap Ducati yang sudah bertahan selama 15 tahun. Pebalap terakhir Ducati yang memenangi gelar juara dunia adalah Casey Stoner.

Stoner meraih gelar juara dunia bersama Ducati pada 2007. Setelah itu, belum ada lagi pebalap yang mampu mengikuti jejak pria asal Australia itu hingga akhirnya Pecco mampu keluar sebagai juara dunia musim ini.

Tak hanya itu, Pecco juga menjadi pebalap Italia pertama yang memenangi gelar MotoGP sejak 2009. Terakhir, pebalap Italia yang mampu merengkuh gelar juara dunia adalah Valentino Rossi yang kala itu menggeber motor Yamaha.

Selain itu, Bagnaia juga mematahkan rekor yang sudah bertahan 50 tahun. Dia menyamai pencapaian Giacomo Agostini sebagai pebalap Italia yang memenangi gelar juara dunia dengan pabrikan asal Italia.

Saat itu, Agostini memenangi gelar juara dunia pada 1972 bersama dengan MV Agusta.

Kemenangan Bagnaia ini juga membuat Ducati mengulangi kesuksesan pada 2003. Saat itu, pabrikan asal Italia tersebut menyapu bersih tiga gelar juara MotoGP, yakni pebalap, tim dan konstruktor.