Hasil Moto3 Valencia 2022: Ivan Guevara Raih Juara, Mario Aji Tercecer di Posisi ke-27
Pebalap Indonesia Mario Aji. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Pebalap Indonesia, Mario Aji menutup petualangannya di Moto3 musim 2022 dengan hasil yang tak terlalu baik. Dalam balapan di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia pada Minggu, 6 November sore WIB, Mario ada di urutan belakang.

Berjuang melewati 23 putaran di Sirkuit Ricardo Tormo, Mario Aji yang memulai balapan di urutan ke-30 hanya bisa naik tiga peringkat saat finis. Pebalap Honda Team Asia itu menuntaskan MotoGP Valencia 2022 di posisi ke-27.

Dari hasil kualifikasi, Mario Aji sejatinya harus menjalani balap di posisi paling belakang. Namun, karena insiden antara Kaito Toba dengan Jaume Masia yang mendapatkan hukuman start dari pit, maka posisi start Mario Aji naik dua peringkat.

Memulai balapan dari posisi ke 28, Mario Aji langsung melesat saat lampu start dipadamkan. Saat balapan berlangsung tiga lap, Mario Aji naik satu posisi ke urutan-27.

Kejar-kejaran terus terjadi dengan pebalap lain selama beberapa putaran, hingga di lap ke-11 Mario Aji kembali menggeser lawan dan menempati posisi 26. Namun posisi itu tak berhasil diperbaiki Aji, hingga lap terakhir berlangsung ia justru turun satu posisi ke urutan 27.

Sementara di posisi pebalap tercepat ditempati oleh Izan Guevara. Ia menutup musim 2022 dengan manis setelah menjadi pemenang di Moto3 Valencia dengan mengalahkan Deniz Oncu.

Guevara dan Oncu tampil dominan dibanding pembalap lainnya di Moto3 Valencia 2022. Keduanya bahkan sudah unggul jauh dari pembalap di belakang sejak putaran keempat.

Persaingan panas keduanya terjadi di putaran putaran akhir karena Oncu mampu menyalip Guevara di tikungan delapan. Oncu nyaris menjadi pemenang Moto3 Valencia 2022, namun pembalap Red Bull KTM Tech3 itu gagal menutup manuver Guevara di tikungan terakhir.

Guevara sukses menyalip Oncu di tikungan terakhir dan memasuki jalur lurus menuju garis finis. Guevara menang di Moto3 Valencia 2022 dengan keunggulan hanya 0,062 detik atas Oncu.

Sementara itu, podium ketiga Moto3 Valencia 2022 direbut rival sekaligus rekan setim Guevara di GasGas, Sergio Garcia, yang terpaut 6,557 detik.