Bagikan:

JAKARTA - Pebalap Ducati, Francesco Bagnaia sukses mengunci gelar juara dunia MotoGP 2022 setelah menuntaskan balapan di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia. 

Dalam seri terakhir yang digelar Minggu, 6 November malam WIB, Bagnaia memang tak menjadi yang tercepat. Ia finis di urutan kesembilan, tapi itu cukup menambah perolehan poin atas rivalnya, Fabio Quartararo.

Di awal balapan, persaingan Bagnaia dan Quartararo sudah berjalan sengit. Keduanya bersaing ketat memperebutkan posisi kelima, bahkan upaya itu sampai membuat winglet kiri Quartararo patah akibat bersenggolan.

Pada lap ke-10 Quartararo naik ke posisi empat, tempat itu diraih setelah Marc Marquez mengalami kecelakaan di tikungan delapan.

Sementara itu Bagnaia justru terlihat menurun, pebalap asal Italia itu melemah memasuki lap ke-15. Ia disalip Joan Mir dan Brad Binder untuk berebut ke posisi tujuh.

Memasuki lap ke-22, Bagnaia melorot ke posisi sembilan setelah disalip Miguel Oliveira, Luca Marini, dan Enea Bastianini. Tapi ia terlihat enggan mengambil risiko untuk menyalip kembali.

Pada lap ke-23, Jack Miller terjatuh. Ia kehilangan kendali saat berusaha mendahului Binder yang ada di posisi ketiga. Insiden ini menjadi momen pahit bagi Miller yang terakhir kali membela KTM.

Pada satu putaran menjelang finis, Quartararo masih berupaya mendapat tempat tercepat. Tapi ia tak bisa berbuat banyak karena tertahan  di posisi keempat di belakang Rins, Binder, dan Martin. 

Sedangkan Bagnaia bersaing dengan Franco Morbidelli di posisi sembilan. Situasi ini terus berlangsung hingga putaran ke-27 usai.

Meski selesai di posisi kesembilan pada MotoGP Valencia 2022, tapi Bagnaia dipastikan menjadi juara dunia MotoGP 2022.

Di sisi lain, status sebagai pebalap tercepat ditempati Aleix Rins. Ia menjadi pemenang MotoGP Valencia 2022 dengan mengalahkan Binder dan Martin.

Dengan kemenangannya di MotoGP Valencia 2022, Alex Rins berhasil memberikan kado istimewa nan manis bagi Suzuki di balapan terakhir mereka di MotoGP.