Bagikan:

JAKARTA - Tim sepak bola Wales mempertimbangkan untuk mengubah nama setelah Piala Dunia 2022.

Federasi sepak bola Wales ingin menamai tim mereka "Cymru" - nama Wales untuk Wales - di tingkat internasional untuk mencerminkan kearifan lokal.

Rencana ini akan dibahas lebih lanjut setelah turnamen mendatang di Qatar, ketika Wales akan tampil di Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak 1958.

"Tim harus selalu disebut Cymru - itulah yang kami sebut di sini," kata Noel Mooney, kepala eksekutif di Asosiasi Sepak Bola Wales, dikutip dari Marca, Selasa.

“Pandangan kami saat ini adalah bahwa di dalam negeri kami jelas disebut Cymru. Itulah yang kami sebut tim nasional kami. Jika Anda melihat situs web kami, bagaimana kami berbicara tentang diri kami sendiri, kami sangat mirip dengan Cymru.

"Secara internasional kami merasa masih ada sedikit pekerjaan yang harus dilakukan. Jadi kami akan pergi ke Piala Dunia ini sebagai Wales. Tapi saya pikir 2023 akan menjadi tahun ketika kami melakukan diskusi yang baik dengan semua pemangku kepentingan yang berbeda."

Masalah tersebut menjadi fokus bulan ini ketika Wales diundi dalam grup kualifikasi yang sama dengan Turki untuk Kejuaraan Eropa 2024.

Turki sekarang bersaing di panggung internasional sebagai "Turkiye," nama Turki-nya dan bukan versi bahasa Inggris-nya.

Mooney mengatakan, sudah ada "diskusi tidak resmi" dengan UEFA di berbagai acara tentang bagaimana Turki, dan lainnya, dapat mengubah nama mereka ke bahasa mereka sendiri.

"Kami telah bertanya apa arah perjalanan mereka - misalnya, apakah ada gerakan terhadap orang-orang yang menggunakan bahasa asli mereka?" kata Mooney.

"Yang saya tahu adalah ada kebangkitan bahasa Wales dan rasa bangga atas apa yang kami lakukan dengan budaya dan warisannya."