Daniel Ricciardo Rela Jadi Pebalap Cadangan pada F1 2023 Demi Ambisi Besar di 2024
Pebalap F1, Daniel Ricciardo. (Foto: Twitter/@danielricciardo)

Bagikan:

JAKARTA - Pebalap Australia, Daniel Ricciardo, nampaknya sudah tak berharap lagi mendapatkan kursi di Formula 1 2023. Dia kini mengincar posisi lain demi mewujudkan misi untuk musim 2024.

Ricciardo kemungkinan bakal menjadi pebalap cadangan tahun depan. Kabarnya, dia sudah menjalin komunikasi dengan Red Bull Racing dan Mercedes GP.

Meski belum memberikan konfirmasi soal rencana jadi pebalap cadangan, namun mantan jagoan Renault itu sudah memberikan sinyal ke sana.

"Saya tidak akan berada di grid tahun depan, tapi saya akan di sini (F1) karena saya memiliki rencana ambisius untuk 2024," kata Ricciardo dikutip dari AFP via Antara, Senin, 31 Oktober.

Ricciardo mengatakan, diskusi tengah berjalan dengan beberapa tim. Namun, belum ada kesepakatan yang tercapai.

"Diskusi sedang berjalan, tapi belum ada yang ditandatangani. Belum ada yang dijamin untuk 2024, tapi saya akan melakukan segalanya supaya saya bisa kembali," lanjutnya.

Seperti diketahui, Ricciardo tak lagi membela McLaren. Dia didepak dan digantikan Oscar Piastri.

Kepada Sky Sport F1, Ricciardo mengatakan ia yakin tidak akan berada di balik kemudi pada musim 2023. Meski demikian, dia masih ingin terlibat dalam olahraga balap tersebut dan bekerja dengan tim dibarengi dengan ambisi untuk kembali ke lintasan pada 2024.

"Saya rasa sedikit waktu jeda dari bangku membalap akan berdampak bagi bagi saya dan kemudian mencoba untuk membangun kembali. Bisa dikatakan, saya belum rampung, tapi saya akan terlihat berbeda," ujarnya.

"Tidak diragukan lagi, dua tahun belakangan cukup berat, khususnya ketika Anda bekerja sangat keras tapi tidak membuahkan hasil, itu bisa menurunkan semangat Anda."

"Saya juga berpikir, nilai dari jeda musim panas, menjauh sebentar, memberi Anda perspektif yang berbeda. Ini tanpa henti. Anda tidak benar-benar mendapatkan kesempatan untuk membangun kembali," lanjutnya lagi.

Ia menambahkan, "Setiap orang berbeda, tetapi saya benar-benar percaya bahwa itu adalah berkah tersembunyi. Dengan melakukan lebih sedikit, saya akan mencapai lebih banyak."

Para pengamat di paddock yakin Ricciardo disiapkan ke Mercedes. Bos tim Mercedes Toto Wolff mengonfirmasi adanya pembicaraan dengan Ricciardo, tapi ia juga menyakini sang pebalap menemui tim lain.

"Iya, juga dengan Red Bull Racing," kata Wolff. "Bagi kami, kami melihat dia seorang dengan karakteristik hebat, tapi kami belum siap mengatakan siapa pebalap ketiga kami untuk musim depan.

"Kepribadiannya adalah kekuatan yang sebenarnya dan Daniel telah bersama kita untuk waktu yang lama. Dia tahu mobil luar dalam. Itu bisa menjadi keuntungan, tapi saya tidak ingin memulai rumor di sini karena sebenarnya adalah kami belum memutuskan apa-apa," pungkasnya.