Lontarkan Komentar Pedas kepada Wasit Usai Madrid Diganjar Penalti Kontroversial, Carlo Ancelotti Terancam Kena Sanksi
Carlo Ancelotti (Twitter @realmadrid)

Bagikan:

JAKARTA — Carlo Ancelotti kemungkinan besar mendapat sanksi mendampingi timnya di pinggir lapangan pada laga berikunya setelah komentar pedasnya terhadap wasit usai Real Madrid ditahan imbang Girona.

Madrid membawa pulang satu angka setelah bermain seri 1-1 melawan tim tamu di pekan ke-12 La Liga Spanyol 2022/2023 di Santiago Bernabeu, Minggu malam. Wasit Mario Melero Lopez yang memimpin laga pun dianggap membuat sejumlah keputusan kontrovesial di laga ini.

Keputusan yang paling disorot Ancelotti adalah hadiah penalti untuk Girona pada menit ke-80 usai Los Blancos memimpin sepuluh menit sebelumnya melalui gol Vinicius Jr.

Melero memberikan penalti setelah meninjau video assistant referee (VAR) dan menyatakan Marco Asensio handball. Keputusan ini membuat Ancelotti murka usai laga dengan komentar tajamnya karena sebenarnya bola tidak mengenai tangan Asensio.

"Itu bukan penalti, karena dia tidak menyentuh bola dengan tangannya. Saya berbicara dengan Asensio dan dia memberi tahu saya bahwa bola mengenai dadanya. Dia [Asensio] tidak melakukan itu [menyentuh bola]. Mereka  mengada-ada," kata Ancelotti, dilansir Football Espana.

Selain Ancelotti, Asensio juga marah besar dengan keputusan yang dibuat Melero. Kemarahan itu dituangkan Asensio dalam postingan terbaru di media sosial Twitter.

"Definisi tidak handball yang mereka jelaskan kepada kami di awal musim. Sungguh luar biasa hari ini," tulis Asensio menyentil.

Menurut laporan dari Mundo Deportivo, komentar itu membuat Ancelotti dan Asensio pun kini sedang diselidiki oleh Komite Integritas RFEF.

Dalam kasus-kasus sebelumnya RFEF kerap mengambil keputusan yang sangat keras seperti kepada kapten Valencia Jose Luis Gaya yang dilarang bermain selama empat pertandingan karena komentar menentang wasit.

Selain memberikan penalti, Melero juga membuat keputusan kontroversial lainnya dengan mengusir Toni Kroos di menit tambahan waktu menjelang laga selesai. Ia memberi kartu kuning kedua setelah Kroos melanggar Aleix Garcia.