Jonatan Christie Tembus Perempat Final Denmark Open 2022, Bagas/Fikri Tumbang
Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie. (Foto: Twitter @INABadminton)

Bagikan:

JAKARTA — Pebulu tangkis tunggal putra Jonatan Christie sukses menekuk wakil Hong Kong Lee Cheuk Yiu di babak 16 besar Denmark Open 2022, Kamis, 20 Oktober.

Peraih medali emas Asian Games 2018 itu melewati laga dramatis rubber game 17-21, 21-9, dan 21-19 di Jyske Bank Arena untuk mencapai perempat final.

"Pertama saya bersyukur bisa lolos ke babak delapan besar. Di laga ini lawan sedikit punya keuntungan saat berada di posisi menang angin. Serangannya tidak bisa saya duga sangat kencang karena menang kondisi angin," ujar Jonatan usai laga.

Di awal gim pertama Jonatan langsung tertinggal lima angka. Perjuangan untuk bangkit sama sekali tidak membuahkan hasil hingga interval, di mana ia masih terpaut empat angka.

Usai jeda perjalanan Jonatan makin berat setelah lawannya menambah empat angka beruntun. Jojo, sapaan akrab Jonatan, sempat memperkecil skor menjadi 16-19, tetapi lawannya cuma memberi ia nafas untuk menambah satu angka lagi setelah itu.

"Beruntung di gim kedua dan ketiga saya bisa mengontrol jalannya pertandingan untuk meraih kemenangan. Pada laga ini lawan sangat baik saat menyerang di depan net dan pukulan yang sangat keras. Saya bermain lebih sabar dalam meladeni setiap serangan lawan," kata dia.

Jonatan merupakan satu dari tiga wakil yang telah meraih tiket ke perempat final. Dua tiket lainnya didapat ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Sayangnya, kesuksesan tiga wakil Indonesia tidak bisa diikuti ganda putra Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

Bagas/Fikri harus angkat koper setelah ditekuk wakil India Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty. Sementara itu, The Daddies pulang usai menelan kekalahan dari wakil Chinese Taipei Lu Ching Yao/Yang Po Han.

Indonesia masih bisa menambah tiket babak delapan besar jika Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, yang belum bermain saat berita ini tulis, bisa mengalahkan lawan mereka.

Marcus/Kevin yang merupakan unggulan kedua akan bersua waki Skotlandia Alexander Dunn/Adam Hall, sedangkan Leo/Daniel ditantang oleh pasangan tuan rumah, Daniel Lundgaard/Mathias Thyrri.