Soal Gol City ke Gawang Liverpool yang Dianulir Wasit, Guardiola: Inilah Anfield
Pep Guardiola (Twitter @ManCity)

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Manchester City, Josep Guardiola kesal dengan keputusan wasit yang menganulir gol Phil Foden di laga kontra Liverpool. Seusai laga, Guardiola melemparkan sindiran.

Duel Liverpool vs Manchester City pada pekan ke-11 Liga Premier 2022/2023 pada Minggu malam berakhir dengan keunggulan 1-0 untuk tuan rumah. Gol tunggal The Reds diciptakan oleh Mohamed Salah di menit ke-76.

Dikutip dari BBC Sport, Senin, Manchester City sejatinya lebih dulu mencetak gol pada menit ke-53 lewat Phil Foden. Ia sukses memanfaatkan muntahan bola dari arah gawang Alisson Becker yang jatuh ke kakinya.

Tanpa membuang peluang, Foden langsung menendang keras bola ke arah gawang. Meski sempat mengenai kaki pemain Liverpool, tetapi bola tetap masuk ke dalam gawang.

Pemain Man City langsung berhamburan merayakan gol Foden sebelum wasit melakukan intervensi dengan menunjukkan gestur meninjau lewat video assistant referee (VAR).

Hasilnya, VAR menilai gol itu tidak sah lantaran dalam tayangan ulang, Erling Haaland dianggap melakukan pelanggaran ketika merebut bola dari Fabinho di tengah lapangan.

Keputusan VAR itu membuat Guardiola murka di pinggir lapangan. Seusai laga, Guardiola menyoroti keputusan wasit yang ia anggap tidak adil lewat sebuah sindiran.

“Inilah Anfield," kata Guardiola dikutip dari BBC Sport.

"Wasit datang ke pelatih dan berkata play on, play on. Ada sejuta pelanggaran. Tapi setelah kami mencetak gol, dia memutuskan untuk menghentikan laga,” ketusnya.

Kehilangan tiga poin di Stadion Anfield ini membuat City masih tertahan di posisi kedua klasemen dengan koleksi 23 poin. Sementar Liverpool ada di posisi kedelapan dengan 13 poin.