<i>Preview</i> Barcelona vs Inter Milan: Perjuangan Berat Blaugrana Menghidupkan Harapan
Stadion Camp Nou kandang Barcelona (Instagram @fcbarcelona)

Bagikan:

JAKARTA — Barcelona harus berjuang menghidupkan harapan lolos ke babak 16 besar Champions Eropa 2022/2023 saat bersiap memainkan laga keempat fase grup melawan Inter Milan di Camp Nou, Kamis dini hari nanti.

Blaugrana saat ini masih menempati tempat ketiga klasemen sementara Grup C dengan koleksi tiga poin saja dari tiga laga. Mereka terpaut tiga poin dari Inter yang berada di tempat kedua dan enam poin dari Bayern Munchen di posisi paling atas.

Untuk itu, tuan rumah dituntut harus bisa membawa pulang angka maksimal dari laga kontra Inter. Andai kalah maka mereka terancam tidak lolos ke babak gugur untuk dua musim beruntun.

"Sayang sekali kami berada dalam situasi yang buruk sekali. Kami tidak punya pilihan selain menang," kata Xavi dalam konferensi pers menjelang pertandingan Rabu melawan Inter, dilansir Reuters, Rabu.

Barcelona membuka kampanye mereka di kompetisi ini dengan hasil sempurna melawan Viktoria Plzen di laga pertama. Mereka sukses meraup tiga angka setelah membungkam wakil Ceko itu dengan skor 5-1.

Namun, dua kekalahan beruntun harus mereka dapatkan setelah itu. Kekalahan pertama mereka terima saat melawat ke markas Bayern, menyusul penderitaan berikutnya saat bermain ke markas Inter pekan lalu.

Musim lalu mereka terlempar ke Liga Europa setelah finis di tempat ketiga fase grup. Kini mereka menghadapi kemungkinan yang sama andai gagal mendapat poin saat bermain di hadapan pendukung sendiri.

"Tersingkir akan menjadi kekecewaan besar tetapi kami akan tetap positif. Ini adalah situasi yang tidak nyaman, kami dalam kesulitan. Kami punya final [melawan Inter] untuk mencoba memperbaiki situasi ini," ujar Xavi.

Jika gagal menang melawan Inter maka nasib Barcelona sudah pasti berada di mulut jurang. Pasalnya, mereka akan menghadapi Bayern di laga berikutnya sebelumnya bersua Plzen di laga terakhir.

Meski tampil buruk di kompetisi Eropa, tim asal Catalunya itu sebenarnya garang di pentas La Liga Spanyol. Mereka sedang dalam jalur tujuh kemenangan beruntun usai menekuk Celta Vigo akhir pekan kemarin.

Kemenangan itu membuat mereka naik ke puncak klasemen sementara dengan koleksi 22 poin. Jumlah poin yang sama dimiliki Real Madrid yang membuntuti mereka di posisi kedua.

Di sisi lain, Inter memasuki laga pekan lalu melawan Barcelona dengan modal dua kekalahan beruntun. Namun, kini performa mereka kembali membaik dengan kemenangan terbaru sukses mereka peroleh atas Sassuolo.

Raksasa Italia itu sukses melewati babak penyisihan grup musim lalu, tetapi dihentikan Liverpool sehingga gagal ke perempat final. Nerazzurri tercatat belum melewati babak gugur sejak mencapai delapan besar pada 2010/2011.

Perkiraan Formasi

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Roberto, Pique, Eric Garcia, Alonso; Gavi, Busquets, Pedri; Dembele, Lewandowski, Fati. Pelatih: Xavi Hernandez.

Inter Milan (3-5-2): Onana; Skriniar, De Vrij, Bastoni; Dumfries, Barella, Calhanoglu, Mkhitaryan, Dimarco; Lautaro Martinez, Dzeko. Pelatih: Simone Inzaghi.