Preview Barcelona vs Bayern Munchen: Penentuan Nasib Blaugrana
Barcelona akan menjamu Bayern Munchen di Liga Champions. (Foto: Twitter @FCBarcelona)

Bagikan:

JAKARTA - Barcelona akan menjalani laga penentuan dengan menjamu Bayern Munchen pada matchday kelima Grup C Liga Champions Eropa 2022/2023 di Camp Nou, Kamis, 27 Oktober dini hari WIB.

Tim asuhan Xavi Hernandez itu saat ini masih berada di posisi ketiga klasemen grup. Mereka mengoleksi empat poin saja atau tertinggal tiga poin dari Inter Milan di posisi kedua.

Secara matematis, Blaugrana masih punya harapan untuk mencapai babak gugur kompetisi antarklub Eropa paling elit itu. Namun, kans itu sangat kecil karena mereka harus bergantung dari hasil Inter melawan Viktoria Plzen.

Jika Nerazzurri sukses mengemas tiga poin saat menjamu Plzen, harapan Barcelona otomatis sirna. Walaupun menang atas Bayern dini hari nanti dan Plzen di laga terakhir penyisihan grup, mereka tetap dipastikan tidak lolos babak gugur.

Menariknya Inter dan Plzen akan bertandingan terlebih dulu malam nanti di Giuseppe Meazza, Milan, Italia. Sementara itu, Barcelona baru memainkan laga kandang mereka tidak lama setelah pertandingan Inter dan Plzen selesai.

Dengan demikian, jika Inter sukses menang atas Plzen, semangat Blaugrana di hadapan pendukung sendiri seketika bisa redup. Pertandingan itu bakal terasa hambar sekalipun mereka mengakhirinya dengan kemenangan.

"Kami tidak bergantung pada diri kami sendiri, itu yang disayangkan. Ketika Anda tidak bergantung pada diri sendiri, Anda tidak begitu positif lagi. Situasinya tidak nyaman tetapi kami harus keluar dan menang. Memang benar kami tidak sepositif itu, tapi itu manusiawi dan logis," ujar Xavi dilansir Football Espana.

Jika berhasil menang atas Bayern dini hari nanti, skuad Xavi masih bisa mengumpulkan sepuluh poin dengan satu laga tersisa. Mereka bisa mencapai jumlah poin itu andai di laga terakhir nanti sanggup menang atas Plzen.

Koleksi poin yang sama kemungkinan didapat Inter andai mereka menang malam nanti dan kalah dari Bayern di laga terakhir. Namun, raksasa Italia berhak ke babak berikutnya karena unggul head to head dengan tim Catalunya.

Dari dua pertemuan mereka selama babak penyisihan, Barcelona tercatat tidak pernah menang. Mereka kalah 0-1 dalam kunjungan ke San Siro dan kemudian cuma berbagi poin setelah bermain seri 3-3 di Stadion Camp Nou.

Situasi ini membuat Barcelona berharap keajaiban yang dilakukan Plzen di kandang Inter dan mereka harus mendapat kemenangan atas Bayern. Namun, skenario itu agak mustahil karena Blaugrana hanya meraih satu poin dari tiga pertandingan terakhir.

Mereka kalah berturut-turut dari Bayern dan Inter sebelum ditahan imbang di pertandingan terakhir. Nerazzurri juga tampak bisa menang mudah atas Plzen malam nanti karena wakil Ceko itu masih menjadi juru kunci klasemen tanpa mengumpulkan angka.

“Lebih dari keajaiban, kami memiliki harapan kecil. Situasinya sangat tidak nyaman dan ada banyak statistik yang mengatakan bahwa kami tidak akan lolos. Tapi pertandingan harus dimainkan. Terkadang yang berhak tidak menang atau ada kejadian yang tidak terduga. Kenapa tidak?" ujar Xavi.

Jika gagal lolos, ini menjadi musim kedua beruntun Blaugrana gagal ke babak 16 besar. Musim lalu, mereka harus turun kasta ke Liga Europa setelah finis di urutan ketiga di belakang Bayern Munchen dan Benfica.

Perkiraan Formasi

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Bellerin, Kounde, E Garcia, Alonso; De Jong, Busquets, Pedri; Dembele, Lewandowski, Gavi

Pelatih: Xavi Hernandez

Bayern Munchen (4-2-3-1): Ulreich; Pavard, Upamecano, De Ligt, Davies; Kimmich, Goretzka; Coman, Musala, Gnabry; Mane

Pelatih: Julian Nagelsmann