Barcelona Dihantui Rekor Buruk saat Bertemu Bayern Munchen, Xavi: Kami Bisa Mengubah Sejarah
Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez. (Foto: Twitter @FCBarcelona)

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez, percaya tim asuhannya bisa mengubah rekor buruk saat bersua tuan rumah Bayern Munchen di pertandingan lanjutan fase grup Liga Champions Eropa 2022/2023.

Kedua raksasa itu akan bentrok dalam laga kunci penyisihan Grup C di Allianz Arena pada Rabu, 14 September pukul 02.00 dini hari WIB. 

Barcelona punya kenangan pahit menghadapi Munchen dalam beberapa tahun terakhir. Musim lalu, mereka kalah dari Bayern dengan skor sama 0-3 di laga kandang dan tandang.

Selain itu, tim asal Catalunya itu juga menderita kekalahan 2-8 saat bersua juara bertahan Bundesliga Jerman di perempat final Liga Champions Eropa musim 2019/2020.

Secara total Barcelona sudah kalah dalam empat pertandingan terakhir mereka melawan Bayern. Selain itu, mereka juga hanya memperoleh satu kemenangan dalam delapan laga terakhir kontra raksasa Jerman.

Sementara itu, rekor Blaugrana di kandang Die Roten juga benar-benar tidak bagus. Tim yang bermarkas di Camp Nou itu tercatat selalu kalah dalam dua kunjungan terakhir ke sana.

"Banyak hal telah berubah (sejak terakhir kali kami menghadapi Bayern), terutama mentalitas," kata Xavi sebagaimana dilansir dari Football Espana.

"Saya mengatakan kepada mereka (pemain) bahwa ini adalah Barcelona dan kami harus menunjukkan kepribadian dan kami telah berkembang dalam mentalitas kami."

"Para pemain juga meningkatkan kami dan kemenangan musim ini memberi kami kepercayaan diri. Kami senang dan kami bisa memenangkan pertandingan ini dan mengubah sejarah," imbuh juru taktik 42 tahun itu.

Barcelona dan Bayern hadir di laga ini dengan bekal kemenangan pada matchday pertama. Barcelona menggulung Viktoria Plzen, sedangkan Die Roten menggilas wakil Italia, Inter Milan.

Perjalanan ke Jerman akan menjadi reuni bagi Robert Lewandowski dengan mantan klubnya Bayern. Striker Polandia itu memainkan peran penting bagi Munchen di masa lalu saat bersua Barcelona.

Total ia mencetak empat gol dalam lima pertandingan melawan Blaugrana sebelum pindah dari Allianz Arena ke Camp Nou musim panas ini.