Bagikan:

JAKARTA — Real Madrid dan Manchester City memastikan diri lolos ke babak 16 besar Liga Champions Eropa 2022/2023 setelah menyelesaikan laga keempat fase grup.

City lolos setelah bermain tanpa gol melawan tuan rumah Copenhagen di Stadion Parken pada Selasa, 11 Oktober malam. Madrid kemudian menyusul dini hari tadi usai mendapat hasil seri 1-1 di markas Shakhtar Donetsk.

Tambahan satu poin membuat City menduduki posisi teratas klasemen Grup G. Anak asuh Pep Guardiola itu mengoleksi sepuluh poin diikuti Borussia Dortmund di posisi kedua dengan tujuh poin.

Sementara itu, Copenhagen masih menjadi juru kunci klasemen dengan koleksi dua poin, jumlah poin yang sama dimiliki Sevilla yang menempati tempat ketiga. Kedua tim masih bisa bersaing dengan Dortmund untuk merebut tiket ke babak berikutnya.

Madrid juga lolos setelah mengumpulkan poin yang sama dengan City dari empat laga yang sudah dimainkan. Tim asuhan Carlo Ancelotti memuncaki klasemen Grup F, disusul RB Leipzig dengan enam poin di urutan kedua.

Di grup ini Celtic sudah dipastikan tersingkir dari Liga Champions karena baru mengoleksi satu poin. Satu tiket tersisa nanti akan direbut oleh Leipzig dan Shakhtar Donetsk.

Pertandingan keempat fase grup akan berlanjut malam ini dan dini hari nanti. Ada beberapa tim punya kesempatan besar untuk menyusul City dan Madrid jika sukses meraih hasil maksimal.

Tim-tim yang dimaksud di antaranya adalah Napoli, Club Brugge, dan Bayern Munchen. Ketika tim itu memuncaki klasemen Grup A, B, C, dengan perolehan poin yang sama, yakni sembilan.