Si Cantik Swiatek Cerita Awal Pertama Mengenal Kesehatan Mental Hingga Tumbuh Rasa Peduli
Petenis asal Polandia, Iga Swiatek. (Foto: Instagram/@iga.swiatek)

Bagikan:

JAKARTA - Petenis asal Polandia, Iga Swiatek, tak hanya punya paras yang menawan. Hatinya pun sangat dermawan.

Sebelumnya diberitakan, Swiatek menunjukkan kepedulian terhadap masalah kesehatan mental. Petenis peringkat satu dunia versi WTA telah menyumbangkan hadiah uang yang dia dapat dari menjuarai turnamen Agel Open 2022 kepada yayasan nonprofit di negaranya.

Ini bukan pertama kalinya dia menyumbang untuk badan amal kesehatan mental. Dia juga pernah melakukannya pada tahun lalu bertepatan dengan Hari Kesehatan Mental Sedunia pada 10 Oktober.

Mengapa Swiatek begitu peduli dengan kesehatan mental?

Dia kemudiah menceritakan pertama kali mendapatkan pemahaman soal kesehatan mental. Ketika itu dia berkomunikasi dengan psikolog olahraga Daria Abramowicz sejak kemenangan Grand Slam perdana yang gemilang di Roland Garros 2020.

Sejak itu, petenis berusia 21 tahun itu berkomitmen untuk berperan aktif dalam pengentasan masalah kesehatan mental di dunia.

Dia pun mengajak para penggemar, termasuk para pecinta tenis, untuk turut berkontribusi untuk kesehatan mental. Tak peduli berapapun jumlahnya.

"Saya mendorong semua orang untuk menyumbang bahkan dalam jumlah kecil ke salah satu badan amal, karena bersama-sama kita dapat membuat perbedaan," tulis Swiatek.

Swiatek belum mengumumkan badan amal apa yang akan menerima bantuannya. Dia juga tidak menyebutkan besaran nominal hadiah yang akan disumbangkan.

Meski demikian, pemikirannya yang revolusioner. "Saya benar-benar ingin bermain bagus agar mendapat sejumlah besar uang untuk disumbangkan. Saya cukup senang bisa melakukan itu," kata Swiatek.