Ternyata Ini Alasan Max Verstappen Tak Langsung Selebrasi usai Jadi Juara Dunia F1 2022, Sempat Bingung usai Menyentuh Garis Finis
Pebalap Red Bull Racing F1, Max Verstappen. (Foto: Twitter @redbullracing)

Bagikan:

JAKARTA - Pebalap Red Bull Racing, Max Verstappen menjadi yang tercepat dalam balapan Formula (F1) di Sirkuit Suzuka, Jepang. Kemenangan itu mengantarkannya mempertahankan gelar juara dunia.

Namun ada momen Verstappen mengaku sempat bingung ketika dinyatakan sebagai juara dunia. Pasalnya, balapan di Sirkuit Suzuka pada Minggu, 9 Oktober sempat ditunda selama dua jam karena hujan lebat.

Situasi itu membuat penyelenggara akhirnya memutuskan balapan selesai dalam 28 lap dari 78 lap yang seharusnya dijalani. Verstappen yang finis tercepat tak langsung melakukan selebrasi karena belum yakin dengan angka yang diraihnya.

Pebalap asal Belanda itu berpikir bakal ada pengurangan poin dari jumlah normal yang membuatnya tidak akan menjadi juara dunia.

"Ketika saya melewati garis finish saya tidak tahu apakah saya bakal mendapatkan poin penuh atau tidak. Saya tidak berpikir bahwa semua orang yakin (soal poin) di akhir (balapan)," ucap Verstappen dikutip dari The Guardian.

Verstappen kemudian dihampiri oleh Tom Wood. Delegasi bagian media Federasi Otomobil Internasional (FIA) itu memberitahu Verstappen bahwa ia sah menjadi juara dunia.

“Tom (Wood) menghampiri saya dan bilang bahwa saya adalah juara dunia,” kata Verstappen melanjutkan.

Meski sudah mendapatkan informasi dari Tom, Verstappen masih belum yakin karena beberapa orang di sekelilingnya membantah pemberitahuan tersebut.

“Kemudian tiba-tiba orang-orang bilang, ‘tidak, kamu masih butuh satu angka lagi’. Jadi sebenarnya aneh karena akhirnya kami punya poin cukup, kemudian kami menjadi juara dunia lagi,” Verstappen menjelaskan.

Verstappen menjadi juara dengan 366 angka atau berselisih 113 angka dari rekan setimnya, Sergio Perez di posisi kedua klasemen. Kemenangan di Jepang ini juga menandai gelar kedua Verstappen secara beruntun dan merefleksikan dominasinya sepanjang musim 2022.

Verstappen tercatat naik podium 14 kali dengan 12 di antaranya sebagai juara. Meski telah menggenggam gelar juara dunia terbaru tapi masih tersisa empat seri lagi untuk mengukuhkan pencapaiannya.

Kemenangan di F1 Jepang ini membuat Max Verstappen mampu mempertahankan posisinya sebagai pebalap yang mematahkan dominasi Mercedes bersama Lewis Hamilton dalam satu dekade terakhir.