Penanganan Tragedi Kanjuruhan Tak Buat Pemerintah Lupa Persiapan Piala Dunia U-20, Menpora: Kami Sudah Siap
Menpora Zainudin Amali. (Dok. Situs Kemenpora)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Indonesia tengah sibuk mengurusi kasus tragedi di Kanjuruhan Malang. Meski demikian, persiapan menuju Piala Dunia U-20 tetap jalan.

Hal ini disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. Dia menyatakan, tak ada gangguan dalam persiapan.

Bahkan, Menpora dengan tegas mengatakan, Indonesia sudah siap untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

"Persiapan Piala Dunia U-20 2023 masih, masih (berjalan), tidak ada gangguan. Infrastruktur tetap (jalan). Saya sudah berkali-kali mengatakan bahwa kami sudah siap sejak 2021," kata Menpora, seperti dilansir dari Antara.

Meski demikian, pria asal Gorontalo itu menegaskan, fokus pemerintah tetap menyelesaikan kasus targedi Kanjuruhan. Menurutnya, penanganan korban adalah hal yang paling penting.

"Kami sedang fokus untuk urusan Tragedi Kanjuruhan," tutur Menpora.

Tragedi Kanjuruhan sempat menjadi kekhawatiran sejumlah orang termasuk para pejabat dan pemangku kepentingan olahraga terkait status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 dan kemungkinan sanksi penangguhan dari FIFA.

Namun Presiden Joko Widodo telah memastikan Indonesia tidak dikenai sanksi FIFA meski Tragedi Kanjuruhan telah menewaskan setidaknya 125 orang yang membuatnya menjadi tragedi dengan orban jiwa terbesar kedua dalam sejarah pertandingan sepak bola dunia.

FIFA, dalam surat yang dikirimkan kepada Presiden Jokowi, bahkan menyatakan akan membentuk tim transformasi sepak bola Indonesia. Untuk kelancaran upaya itu, FIFA akan berkantor di Indonesia selama proses tersebut.