Berapa Banyak Gol yang Dibutuhkan Neymar untuk Mengangkangi Pele?
Neymar (CBF_Futebol)

Bagikan:

JAKARTA - Cepat atau lambat, segalanya seolah menunjukkan bahwa Neymar akan mengungguli Pele dan dinobatkan sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah timnas Brasil.

Neymar ditakdirkan untuk memimpin lini depan untuk tim nasional di Piala Dunia 2022. Hanya saja, ada perbedaan pendapat tentang berapa banyak gol yang dia butuhkan untuk mengangkangi Pele.

“Merupakan kehormatan besar untuk menjadi pencetak gol terbanyak untuk tim nasional dan saya akan berbohong jika saya mengatakan saya tidak berpikir begitu. Tentu saja, itu salah satu tujuan pribadi saya. Saya berharap untuk mencapainya. Saya bisa mematahkannya. Rekor Pele karena dia adalah idola semua orang di Brasil," kata Neymar pada Februari.

Setelah golnya ke gawang Tunisia pada Selasa malam, Neymar telah mencetak 75 gol resmi dengan seragam Brasil. Menurut FIFA, badan pengatur tertinggi di dunia sepak bola, Pele memiliki koleksi 77 gol.

Namun, menurut Federasi Sepak Bola Brasil (CBF), Pele mencetak lebih banyak gol, 95 secara keseluruhan atau 8 gol lebih banyak dari yang FIFA hitung.

Rekor lain Pele

Menjelang jeda internasional ini, GloboEsporte dari Brasil menganalisis situasi itu. Mereka menyebut Antonio Carlos Napoleao sebagai pemain kunci dalam proses dokumentasi gol Pele ini.

"Ada pertandingan persahabatan melawan tim nasional pada 1960-an dan 1970-an, dan stadion selalu penuh sesak, dengan biaya masuk yang sangat tinggi," jelas Napoleao dikutip Marca, Jumat.

Secara spesifik, ia merinci gol yang dicetak Pele ke gawang Malmo dan AIK (Swedia), Inter (Italia), Atletico Madrid (Spanyol), kombinasi Guadalajara dan Leon (Meksiko), dan tim lainnya.

Di sisi lain, juga benar bahwa gol yang dicetak Neymar di Olimpiade belum dihitung. Dan sampai batas tertentu, ini normal, karena tim sepak bola yang pergi ke Olimpiade saat ini adalah tim U23 (kecuali untuk sejumlah pemain).

Pemain PSG itu meraih perak di London (mencetak tiga gol) dan emas di Rio (mencetak empat). Total, tujuh gol itu belum ditambah jumlah total yang dicetaknya bersama timnas senior Brasil.