Joe Joyce Kini Jadi Lawan Wajib Oleksandr Usyk, Joseph Parker Sudah Jadi Korban
Petinju kelas berat Inggris Joe Joyce. (Foto: Twitter @JoeJoyceBoxing)

Bagikan:

JAKARTA - Petinju kelas berat Inggris Joe Joyce kini mendapat tiket wajib melawan Oleksandr Usyk. Tiket itu didapat setelah mengalahkan petinju Selandia Baru Joseph Parker.

Joyce memenangi gelar kelas berat WBO interim (sementara) yang kosong setelah membuat mantan juara dunia WBO Parker knockout (KO) pada ronde ke-11 di AO Arena, Manchester, Inggris, Minggu, 25 September kemarin.

"Pada tahap ini dalam karier saya, Joe [Joyce] adalah tantangan terberat. Seperti yang kalian lihat malam ini, tekanan yang dia berikan, setiap kali saya memukulnya, dia terus membalas," kata Parker pada konferensi pers pasca pertarungan, dilansir Boxing Scene.

Ini merupakan kekalahan ketiga Parker dalam 33 pertarungan profesionalnya sekaligus KO pertama dalam tiga kekalahannya.

Sementara itu, Joyce sukses mempertahankan rekor belum terkalahkan dari 15 duel yang dijalaninya. Rekor yang sama dimiliki Usyk selaku penantang wajibnya.

Namun, Joyce tentu saja tidak akan langsung menghadapi Usyk setelah mengalahkan Parker. Pasalnya, Usyk dalam rencana melawan nama-nama seperti Deontay Wilder, Tyson Fury, dan Canelo Alvarez.

Duel wajib Joyce melawan Usyk untuk memperebutkan gelar WBO. Gelar itu masih di tangan petinju Ukraina setelah kemenangan terbarunya atas Anthony Joshua dalam tarung ulang di Saudi Arabia pada 20 Agustus lalu.

Akan tetapi, Joyce kemungkinan besar harus mengantre untuk bisa berduel dengan Usyk. Dia ingin menggelar pertarungan melawan Fury tahun depan.

Sementara itu, Fury tidak menujukkan niat untuk naik ring tahun depan setelah sebelumnya sempat mengumumkan untuk pensiun.

Saat ini Fury bahkan tengah berupaya untuk menghadapi Anthony Joshua pada Desember mendatang. Akan tetapi, kesepakatan belum ditanda tangani oleh Joshua.