Penantian Tiga Tahun Berakhir Saat Raih <i>Pole Position</i>, Marc Marquez: Balapan Akan Berbeda, tapi Kami Bakal Merayakan Ini
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez. (Dok. MotoGP)

Bagikan:

JAKARTA - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, merebut pole position setelah menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi MotoGP Jepang, Sabtu, 24 September 2022. Ini merupakan pole position ke-91 dalam kariernya.

Marquez harus menunggu tiga tahun atau tepatnya 1071 hari plus 90 menit untuk bisa meraihnya. Tentunya, pencapaian ini disambut gembira oleh Marquez dan juga Honda.

"Saya sangat senang berada di pole position," kata Marquez baru saja kembali membalap usai operasi humerus. "Pada pagi hari saya merasa sangat kuat di lintasan basah, dan saya bilang 'jika siang hari hujan, saya akan mencobanya'."

Menurutnya, ini hanyalah sebuah pole position. Namun, melihat situasi Honda saat ini, hasil yang diraihnya menjadi sangat penting.

"Sangat penting bagi kami, untuk semua staf (Honda) di Jepang. Meraih target-target kecil seperti ini sangat penting untuk masa depan kami," tuturnya.

"Besok di kondisi kering, balapan akan berbeda, tapi kami akan merayakannya hari ini," lanjut pebalap yang dijuluki The Baby Alien itu.

Sesi kualifikasi MotoGP Jepang sempat tertunda satu setengah jam karena cuaca buruk. Marquez kemudian sukses menaklukkan lintasan basah sirkuit Motegi dengan mencatatkan lap tercepat 1 menit 55.214 detik.

Ini pole pertamanya sejak MotoGP Jepang 2019.

Johann Zarco dari tim Pramac Racing terpaut 0,208 detik dari Marquez dan Brad Binder akan melengkapi posisi start baris terdepan.