Hasil Kualifikasi MotoGP Jepang: Marc Marquez Raih <i>Pole Position</i>, Mario Aji Terjatuh
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez. (Foto: Instagram.com/@hrc_motogp)

Bagikan:

JAKARTA - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez berhak atas pole position MotoGP Jepang 2022 setelah menjadi yang tercepat pada babak kualifikasi, Sabtu, 24 September. Sedangkan Fabio Quartararo sang pemuncak klasemen bakal start dari posisi kesembilan.

Marquez membukukan torehan waktu 1 menit 55,214 detik dan jadi yang tercepat di sesi kualifikasi. Marquez unggul 0,208 detik dari Johann Zarco yang ada di posisi kedua.

Posisi start ketiga ditempati oleh Brad Binder sekaligus melengkapi formasi baris pertama. Sedangkan di baris kedua terdapat Maverick Vinales, Jorge Martin, dan Aleix Espargaro.

Fabio Quartararo sendiri harus puas memulai balapan esok hari di posisi kesembilan. Ia akan berada di baris ketiga bersama Jack Miller dan Miguel Oliveira.

Sementara Francesco Bagnaia bakal stard dari posisi ke-12. Hal ini membuat persaingan menjadi kian menarik disaksikan.

Dari jalannya kualifikasi MotoGP Jepang, Maverick Vinales sempat mencatat waktu terbaik lalu dipatahkan Marc Marquez dan Jack Miller. Quartararo menyusul naik ke posisi teratas sebelum diperbaiki oleh Johann Zarco.

Zarco mencatat waktu 1 menit 56,076 detik, sementara Marquez langsung menyalip untuk menggusur Zarco dan membukukan 1 menit 55,698 detik untuk merebut kembali posisi teratas di sisa waktu enam menit.

Marquez kemudian mempertajam catatan waktu terbaiknya menjadi 1 menit 55,214 detik di tiga menit akhir kualifikasi hingga akhirnya keunggulan pebalap asal Spanyol itu tak terkejar.

Sementara itu pebalap Moto3 Indonesia, Mario Aji terjatuh saat menjalani sesi Q1 Moto3 Jepang 202.. Mario Aji terjatuh di Tikungan 3 saat mencoba melakukan time attack.

Situasi itu membuatnya harus kehilangan banyak waktu sehingga gagal menembuis Q2. Hingga akhir putaran sesi Q1 Moto3 Jepang 2022, Mario Aji harus puas ada di posisi 14.

Hingga sesi Q2 tuntas , posisi teratas tetap diamankan Tatsuki Suzuki, pembalap Leopard Racing ini berhasil start dari posisi terdepan Moto3 Jepang 2022. Posisi kedua berhasil direbut Scott Odgen dari Sergio Garcia setelah mencetak bestlap 2;11,568 detik.

Mario Aji harus berbesar hati karena harus menempati posisi start 28 pada Moto3 Jepang yang berlangsung Minggu besok.