Resmi Buka Piala Dunia Panjat Tebing 2022, Menpora: Mimpi Lama Kita Sudah Terwujud
Suasana pembukaan Piala Dunia Panjat Tebing 2022 atau ISFC World Cup Jakarta 2022 di Lot 16-17 SCBD, Jakarta. (Foto via ANTARA/Muhammad Ramdan)

Bagikan:

JAKARTA - Piala Dunia Panjat Tebing 2022 atau ISFC World Cup Jakarta 2022 resmi dibuka pada Sabtu, 24 September. Ajang bergengsi ini dibuka langsung Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali

Ajang Piala Dunia Panjat Tebing 2022 bergulir di Lot 16-17 SCBD, Jakarta. Gelaran di Jakarta ini menjadi seri penutup rangkaian Piala Dunia Panjat Tebing 2022 untuk kategori speed.

Dalam sambutannya, Menpora mengungkapkan rasa bangga karena Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) mampu membawa gelaran bergengsi ini ke Indonesia.

"Mimpi kita yang sudah lama baru terwujud untuk bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia Panjat Tebing. Saya mengapresiasi FPTI karena Indonesia akhirnya bisa menyelenggarakan event sebesar ini," kata Amali, seperti dikutip dari Antara.

Sebagai cabang olahraga unggulan dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), Menpora berharap atlet Indonesia bisa meraih hasil terbaik sekaligus bisa memecahkan rekor dunia yang saat ini juga dipegang oleh atlet Merah Putih yakni Kiromal Katibin dengan 5,00 detik untuk nomor speed putra.

"Semoga rekor dan juara dunia yang kita miliki tetap dipertahankan dan rekornya bisa kita pecahkan di ajang ini. Lalu, kita harapkan ke depan bisa menghasilkan medali pada saat Olimpiade Paris 2024 mendatang," ujar pria asal Gorontalo itu.

Berdasarkan data dari FPTI, Indonesia menurunkan 42 atlet yang terdiri atas 22 atlet speed dan 20 atlet lead, dengan rincian dari kategori speed putra 12 orang dan putri 10 orang, sedangkan kategori lead 10 putra dan 10 putri.

Dari jumlah atlet yang turun, Kiromal Katibin maupun Veddriq Leonardo berpeluang memenangi gelar juara umum kategori speed Piala Dunia musim 2022 di Jakarta.

Berdasarkan catatan Federasi Panjat Tebing Internasional (IFSC), kedua atlet Indonesia ini menduduki posisi pertama dan kedua klasemen sementara Piala Dunia 2022 nomor speed.

Veddriq yang menjadi juara umum speed putra edisi tahun lalu, berada di puncak klasemen sementara dengan koleksi 3910 poin, diikuti Katibin di posisi kedua dengan 3275 poin.

Apabila Veddriq atau Katibin bisa menjadi yang tercepat dalam kejuaraan di Jakarta nanti maka salah satu di antara mereka akan mendapat tambahan 1000 poin dan memastikan gelar juara umum Piala Dunia 2022 speed putra.

Peluang Veddriq dan Katibin untuk menjadi juara umum hanya bisa dijegal apabila wakil Spanyol Erik Noya Cardona menjadi juara di Seri Jakarta nanti.