Pebasket Naturalisasi Indonesia Marques Bolden Dikontrak Juara NBA Milwaukee Bucks
Marques Bolden (Instagram @marques)

Bagikan:

JAKARTA — Tim basket juara NBA 2021 Milwaukee Bucks resmi menandatangani pebasket naturalisasi Indonesia Marques Bolden untuk menyambut musim baru.

Bolden meneken kontrak Exhibit 10 dengan Bucks pada Rabu, 21 September 2022 waktu Amerika Serikat. Atlet 24 tahun itu pun menjadi pebasket pertama Indonesia yang berada di NBA.

"The Bucks telah menandatangani kontrak Exhibit 10 dengan Marques Bolden," demikian pernyataan Eric Nehm dari The Athletic.

Kontrak Exhibit 10 adalah kesepakatan NBA dengan gaji minimum satu musim yang memungkinkan klub untuk mengubah kontrak menjadi kesepakatan dua arah selama perubahan itu dilakukan sebelum awal musim reguler.

Bolden menghabiskan musim lalu bersama Salt Lake City Stars dari NBA G-League. Selama bermain di sana ia mencetak rata-rata 12,3 point, 9,3 rebound, dan 1,9 blok per game.

Sebelum itu ia bermain bola basket kampus bersama Duke Star. Selama musim terakhirnya ia rata-rata mencetak 5,3 point, 4,5 rebound, dan 1,7 blok per kontes dalam 35 pertandingan untuk klubnya.

Bolden telah bermain dalam tujuh pertandingan NBA (bersama Cleveland Cavaliers) selama musim reguler 2020 dan 2021 dengan waktu bermain 4,6 menit per game.

Setelah itu Bolden dinaturalisasi menjadi pemain Indonesia dan tampil di SEA Games Hanoi tahun ini. Ia langsung berhasil membantu Merah Putih mendapat medali emas untuk pertama kalinya dalam sejarah ajang sekawasan Asia Tenggara itu.