Tercecer di Posisi 16 Klasemen Sementara, Yuki Tsunoda Justru Dapat Perpanjangan Kontrak dari AlphaTauri
Yuki Tsunoda (Instagram @yukitsunoda0511)

Bagikan:

JAKARTA — Tim balap Scuderia AlphaTauri mengumumkan telah mencapai kesepakatan memperpanjang kontrak pebalap asal Jepang Yuki Tsunoda untuk musim Formula 1 2023.

Kesepakatan dengan Tsunoda diumumkan AlphaTauri dalam situs resmi mereka pada Kamis, 22 September.

"Scuderia AlphaTauri dengan bangga mengumumkan bahwa Yuki Tsunoda akan tetap bersama tim untuk musik 2023," demikian tulis AlphaTauri.

Pebalap berusia 22 tahun tersebut dipromosikan ke F1 oleh Red Bull pada tahun 2021. Hasil terbaik dalam debutnya adalah finis di urutan keempat di Grand Prix Abu Dhabi.

Meski demikian, kampanye kedua Tsunoda di F1 tidak berjalan begitu mulus beririsan dengan kinerja AlphaTauri yang semakin berkurang.

Masalah itu membuat Tsunoda dan rekan setimnya Pierre Gasly masih harus terus berjuang. Namun, masa depan Gasly sejauh ini belum pasti di saat rekannya meneken kontrak baru.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Red Bull, Honda, dan Scuderia AlphaTauri karena terus memberi saya kesempatan untuk membalap di F1," katanya Tsunoda.

"Setelah pindah ke Italia tahun lalu, untuk lebih dekat dengan pabrik, saya benar-benar merasa menjadi bagian dari tim dan senang bisa melanjutkan balapan bersama mereka pada 2023," ia menambahkan.

Musim ini Tsunoda baru mengumpulkan 11 poin dan duduk di tempat ke-16 klasemen sementara. Posisi itu bisa ia perbaiki andai bisa tampil di tujuh seri balap tersisa musim ini.

"Tentu saja, musim 2022 kami belum berakhir dan kami masih berusaha keras di lini tengah. Jadi, saya sepenuhnya fokus untuk menyelesaikannya dengan baik dan kemudian kami akan menantikan tahun depan," kata dia.

Tahun lalu Tsunoda menyelesaikan musim di tempat ke-14. Ketika itu ia berhasil mengumpulkan total 32 poin.