Suarez Bakal Tinggalkan Nacional Sebelum Gabung ke Timnas Uruguay Untuk Piala Dunia 2022
Luis Suarez (Instagram.com/@luissuarez9)

Bagikan:

JAKARTA - Luis Suarez akan berpisah dengan Nacional demi bergabung dengan timnas Uruguay di Piala Dunia 2020 di Qatar. Perginya Suarez nanti merupakan kesepakatan kedua pihak sejak awal menjalani kerja sama.

Dikutip dari Football Espana, Selasa, ini merupakan kali kedua Suarez kembali ke Nacional karena klub itu merupakan tim yang pernah ia bela semasa kecil. Pada periode kedua tampil di klub yang berbasis di Montevideo itu, pemain 35 tahun ini tetap tampil mengesankan dengan membukukan empat gol dari delapan pertandingan di liga.

Pada awal mula kembalinya ke Nacional, Suarez dan pihak klub disebut hanya menjalin kerja sama jangka pendek. Soal berapa lama kesepakatan yang mengikat Suarez, pihak klub saat itu menolak memberikan penjelasan.

Namun, kini, presiden klub Jose Fuentes telah mengklarifikasi tentang situasi Suarez yang hanya berniat meneken kontrak jangka pendek. Alasan utamanya adalah karena mantan striker Barcelona itu bertekad memimpin lini serang Uruguay di Piala Dunia 2022 Qatar.

Sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa La Celeste, keputusan untuk bergabung dan bermain di Nacional adalah opsi terbaik dari Suarez untuk dirinya sendiri agar tetap fit mengarungi Piala Dunia.

“Ketika Kejuaraan Uruguay berakhir, Suarez akan pergi, begitulah cara kami mengatur kesepakatannya,” kata Fuentes dilansir dari Football Espana.

Soal kontrak jangka pendek di Nacional, hal ini tak membuat Fuentes merasa tersinggung karena ia mengaku telah membuat kesepakatan sejak awal. Menurut Fuentes, Suarez bersikeras untuk berseragam Nacional ketiga tugasnya di Eropa selesai.

Suarez tercatat sebagai salah satu striker tajam di dunia dalam beberapa tahun terakhir. Nacional menjadi klub pertama yang dibela sebelum El Pistolero memulai kariernya di Eropa bersama FC Groningen pada Juli 2006.

Satu tahun berselang, Suarez sudah mampu menarik minat Ajax Amsterdam untuk menggunakan jasanya. Kariernya semakin menanjak ketika merapat ke Liverpool.

Tapi, sinar terang sang pemain berada di level tertinggi ketika berseragam Barcelona. Bersama Blaugrana, Suarez meraih banyak gelar, termasuk Liga Champions.

Setelah meraup banyak pencapaian di Barcelona, Suarez memilih membela Atletico Madrid sebelum akhirnya kembali lagi ke Nacional seperti sekarang.